Penerapan akhlak bahagia perspektif tasawuf modern Buya Hamka : Studi analisis deskriptif kepada siswa kelas XII di Madrasah Aliyah – Plus Al-Husna, Cicaheum, Kec.Kiaracondong, Kota Bandung-Jawa Barat

Fuadya, Farida Shabrin (2021) Penerapan akhlak bahagia perspektif tasawuf modern Buya Hamka : Studi analisis deskriptif kepada siswa kelas XII di Madrasah Aliyah – Plus Al-Husna, Cicaheum, Kec.Kiaracondong, Kota Bandung-Jawa Barat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (358kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (592kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (690kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (925kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (633kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (478kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (774kB) | Request a copy

Abstract

Perilaku manusia harus sesuai dengan nilai-nilai ketuhanan karena manusia hidup mempunyai aturan sebagaimana terdapat dalam Kitab Suci. Sebagai umat Islam, kitab suci mengajarkan bahwa manusia harus berpedoman pada Al Quran dan Hadist. Pada agama Islam terdapat ilmu tasawuf, salah satunya adalah tasawuf modern untuk menumbuhkan akhlak bahagia pada manusia sebagaimana pendapat Buya Hamka. Namun, dalam perilaku sehari-hari, siswa sebagaimana terdapat dalam madrasah khususnya pada Kelas XII Madrasah Aliyah-Plus Al Husna Cicaheum terdapat perilaku yang tidak sesuai dengan nilai-nilai tasawuf modern yakni perilaku perundungan yang menimbulkan kerugian psikologis pada korban. Sehubungan dengan hal tersebut, maka dalam penelitian ini akan dibahas permasalahan dengan rumusan: 1) Apa pengertian tasawuf modern menurut Buya Hamka? 2) Bagaimana penerapan Akhlak Bahagia Perspektif tasawuf Modern Buya Hamka pada siswa Kelas XII di Madrasah Aliyah – Plus Al-Husna, Cicaheum? 3) Bagaimana penerapan pola/sistematika Akhlak Bahagia Perpektif Tasawuf Modern Buya Hamka yang tepat sehingga dapat dijadikan solusi perilaku perundungan pada siswa Kelas XII di Madrasah Aliyah – Plus Al-Husna, Cicaheum? Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Adapun penelitian dilakukan pada siswa Kelas XII di Madrasah Aliyah – Plus Al-Husna, Cicaheum. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik wawancara dan observasi serta studi dokumen. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. 1. Tasawuf modern adalah pembelajaran mengenai perilaku manusia yang berasal dari nilai-nilai ketuhanan sehingga dapat meningkatkan perilaku baik manusia. 2. Implementasi akhlak bahagia pada perspektif tasawuf modern di Kelas XII Madrasah Aliyah-Plus Al Husna-Cicaheum belum dilakukan dengan benar yang dapat dibuktikan pada masih adanya perilaku perundungan yang dilakukan oleh siswa. 3. Sistematika implementasi akhlak bahagia dalam perspektif tasawuf modern adalah dengan menerapkan pembelajaran tasawuf yang diintegrasikan pada mata pelajaran di madrasah. Penerapan tasawuf modern untuk mewujudkan akhlak bahagia tidak mudah karena terdapat pembiasaan perilaku baik yang harus ditanamkan pada siswa yang dapat dilakukan dengan menanamkan pengetahuan, pemahaman, aktivitas, penyadaran dan implementasi sikap. Selain itu, siswa harus meneladani perilaku baik yang diadopsi dari tasawuf modern Buya Hamka yakni bergaul dengan orang budiman, membiasakan pekerjaan berpikir, menahan syahwat dan amarah, bekerja dengan teratur serta memeriksa cacat diri sendiri.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: tasawuf modern; akhlak bahagia; perundungan;
Subjects: Islam > Sufism
Islam > Sufi Theology
Religious Leaders Biography > Islam Religious Leaders Biography
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Farida Shabrin Fuadya
Date Deposited: 26 Nov 2021 03:34
Last Modified: 26 Nov 2021 03:34
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/46502

Actions (login required)

View Item View Item