Kualitas pelaporan keuangan daerah di Kecamatan Dayeuhkolot Kabupaten Bandung tahun anggaran 2019

Salma, Nida (2021) Kualitas pelaporan keuangan daerah di Kecamatan Dayeuhkolot Kabupaten Bandung tahun anggaran 2019. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_bab 1.pdf

Download (203kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (306kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (100kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (704kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (55kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (164kB) | Request a copy

Abstract

Pengelolaan keuangan daerah harus dipertanggungjawabkan melalui pelaporan keuangan yang berkualitas. Sehingga upaya untuk mencapai pelaporan keuangan yang berfungsi guna memberikan informasi prediksi kondisi kebutuhan keuangan, perencanaan dan penganggaran serta mengevaluasi kinerja secara maksimal dapat dilakukan melalui konsep kualitas pelaporan keuangan. Salah satunya ialah Kecamatan Dayeuhkolot Kabupaten Bandung sebagai instansi pemerintah yang langsung berhadapan dengan masyarakat luas sehingga dalam penyajian pelaporan keuangan diharuskan berkualitas untuk memenuhi pelaksanaan akuntabilitas. Namun dalam hal ini, pelaporan keuangan daerah yang disajikan oleh Kecamatan Dayeuhkolot belum dapat dikatakan berkualitas sepenuhnya. Diharapkan Kecamatan Dayeuhkolot Kabupaten Bandung dapat meningkatkan kualitas dari pelaporan keuangan yang disajikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menilai sejauh mana ketercapaian kualitas pelaporan keuangan daerah yang disajikan Kecamatan Dayeuhkolot Kabupaten Bandung. Penelitian mengenai Kualitas Pelaporan Keuangan Daerah di Kecamatan penting dilakukan sehingga diharapkan mampu memberikan penilaian maupun evaluasi daripada penyajian pelaporan keuangan daerah agar dapat mencapai kualitas yang diharapkan. Penelitian yang dilaksanakan di Kecamatan Dayeuhkolot Kabupaten Bandung ini menggunakan teori yang dikemukakan oleh Mahmudi, (2019: 11) dalam meneliti kualitas pelaporan keuangan daerah di Kecamatan Dayeuhkolot Kabupaten Bandung. Bahwasannya pelaporan keuangan daerah yang berkualitas harus memenuhi ciri-ciri daripada : (1) Relevan, (2) Andal, (3) Dapat dibandingkan, dan (4) Dapat dipahami. Metode Penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif sehingga melibatkan upaya yang digunakan untuk menggali informasi melalui pengajuan pertanyaan, mengumpulkan data yang mendetail serta memaparkan hasil penelitian secara deskripsi. Sumber data terdiri dari data primer dan sekunder dengan teknik pengumpulan data diantaranya observasi, wawancara serta studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwasannya kualitas pelaporan keuangan daerah Kecamatan Dayeuhkolot Kabupaten Bandung Tahun Anggaran 2019 belum dapat dikatakan maksimal dalam penyajiannya dikarenakan pemahaman SDM maupun situasi lingkungan yang belum stabil terhadap pelaksanaan prediksi kondisi keuangan maupun kebutuhan keuangan, masih ada keterlambatan pada publikasi pelaporan keuangan, dan belum melakukan perbandingan kinerja dengan instansi lain yang sejenis.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelaporan Keuanga Daerah; Kecamatan Dayeuhkolot Kabupaten Bandung; Kualitas; Pelaporan Keuangan.
Subjects: Education, Research
Public Finance > Public Finance of Specific Localities
Public Finance > Public Finance of Indonesia
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Nida Salma
Date Deposited: 26 Nov 2021 00:39
Last Modified: 26 Nov 2021 00:39
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/46500

Actions (login required)

View Item View Item