Implementasi program Kurangi Pisahkan dan Manfaatkan (Kang Pisman) dalam penanganan dan pengelolaan sampah di Kelurahan Babakan Sari Kecamatan Kiaracondong

Asyifa, Nisa Nur (2021) Implementasi program Kurangi Pisahkan dan Manfaatkan (Kang Pisman) dalam penanganan dan pengelolaan sampah di Kelurahan Babakan Sari Kecamatan Kiaracondong. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (209kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (161kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (798kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (56kB) | Request a copy
[img] Text (BAB VI)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (58kB) | Request a copy

Abstract

Lebih dari 1.600 ton/hari sampah yang dihasilkan oleh Kota Bandung menyebabkan Kota Bandung dijuluki Bandung Lautan Sampah. Karena itu Pemerintah Kota Bandung membuat Peraturan Daerah No 9 Tahun 2018 tentang Pengelolaan Sampah, yang menjadi dasar Pemerintah Kota Bandung membuat program kang pisman sebuah program pengelolaan sampah modern guna mengurangi dan memanfaatkan sampah. Melalui program kang pisman berharap bisa lebih baik dalam penanganan dan pengelolaan sampah. Penelitian ini untuk mengetahui Implementasi Program Kurangi Pisahkan dan Manfaatkan (Kang Pisman) dalam Penanganan dan Pengelolaan Sampah di Kelurahan Babakan Sari Kecamatan Kiaracondong Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori George C. Edward III yang mempunyai empat dimensi dalam mengukur sebuah keberhasilan implementasi kebijakan yaitu komunikasi, sumberdaya, disposisi dan struktur birokrasi. Metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif adalah metode yang digunakan dalam penelitian ini, yang berarti peneliti menghasilkan ide, aspirasi bukan berbentuk angka tetapi berupa deskripsi dengan bentuk analisis serta narasi. Dan pendekatan deskriptif yang berarti menggambarkan serta menjelaskan hasil penelitian dari Implementasi Program Kurangi Pisahkan dan Manfaatkan (Kang Pisman) dalam Penanganan dan Pengelolaan Sampah di Kelurahan Babakan Sari Kecamatan Kiaracondong. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa implementasi Program Kang Pisman di Kelurahan Babakan sari sudah berjalan cukup baik dan optimal. Namun ada beberapa hal yang belum efektif diantaranya: (1) masih kurangnya kesadaran masyarakat dalam melaksanakan program. (2) tidak sampainya fasilitas yang disediakan dari RW ke masyarakat. (3) masih sering terjadinya miss communication atau kurangnya koordinasi antara petugas sampah dengan masyarakat sehingga sampah yang sudah dipilah tercampur kembali.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Sampah;Implementasi;Kang Pisman
Subjects: Administration of Economy > Administration of Communications
Administration of Economy > Administration of Commerce
Administration of Economy > Administration of Financial Institutions
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Nisa Nur Asyifa
Date Deposited: 25 Nov 2021 07:48
Last Modified: 25 Nov 2021 07:48
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/46494

Actions (login required)

View Item View Item