Analisis model manajemen pembelajaran online di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam berbasis Sevima Edlink

Maolana, Ambar (2021) Analisis model manajemen pembelajaran online di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam berbasis Sevima Edlink. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftar isi.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab 1.pdf

Download (211kB) | Preview
[img] Text
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (523kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (970kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (177kB) | Request a copy
[img] Text
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (249kB) | Request a copy

Abstract

Manajemen pembelajaran merupakan usaha mengelola pembelajaran yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran serta pengawasan guna mencapai tujuan pembelajaran secara efektif dan efisien. Sedangkan Pembelajaran online adalah pembelajaran yang dilakukan melalui jaringan internet. Desain interaksi atau komunikasi pembelajaran online dibedakan menjadi dua yaitu sinkronus dan asinkronus. Fakta dilapangan menunjukan bahwa IAILM sudah melaksanakan pembelajaran online berbasis aplikasi Sevima Edlink. Model manajemen pembelajaran online berbasis sevima edlink yang selama ini berjalan umumnya telah berjalan tetapi masih memiliki kekurangan. Kekurangan tersebut yaitu bahwa pembelajaran baru mengimplementasikan proses perencanaan dan pelaksanaan belum diikuti dengan adanya pengawasan yang memadai. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi informasi tentang manajemen pembelajaran online berbasis sevima edlink di IAILM Suryalaya Tasikmalaya, menganalisis kekuatan dan kelemahan manajemen pembelajaran online berbasis sevima edlink serta menganalisis model manajemen pembelajaran online berbasis sevima edlink yang efektif dan efisien. Kerangka berfikir dari penelitian ini merujuk kepada teori Bilfaqih dan Qomarudin, dimana dalam manajemen pembelajaran online dapat dilakukan dengan perencanaan, pelaksanaan, penilaian dan pengawasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif melalui wawancara mendalam, observasi dan focus group discussion (FDG). Sebagai triangulasi sumber dilakukan wawancara mendalam dengan informan lainnya yaitu Kepala Bidang Akademik, Dosen dan Mahasiswa. Metode ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara sistematis fakta atau karakteristik bidang tertentu secara faktual dan cermat. Hasil penelitian menunjukan bahwa analisis model manajemen pembelajaran online berbasis sevima edlink yaitu; Menggambarkan model manajemen pembelajaran online berbasis sevima edlink yang efektif sehingga dapat mengoptimalkan terwujudnya manajemen pembelajaran online, model tersebut tersusun sistematis sejak perancanaan, pelaksanaan, penilaian dan pengawasan pembelajaran online secara realistis dan produktif dalam mencapai visi dan misi pendidikan perguruan tinggi.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Pembelajaran; Pembelajaran Online; Aplikasi Sevima Edlink
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
General Management
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Haris Maiza Putra
Date Deposited: 25 Nov 2021 06:56
Last Modified: 10 Feb 2022 04:53
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/46492

Actions (login required)

View Item View Item