Pembelajaran pendidikan agama Islam berbasis Contextual Teaching and Learning dan dampaknya terhadap perilaku keberagamaan Praja : Penelitian di Institut Pemerintahan Dalam Negeri Jatinangor, Sumedang

Sarwani, Sarwani (2021) Pembelajaran pendidikan agama Islam berbasis Contextual Teaching and Learning dan dampaknya terhadap perilaku keberagamaan Praja : Penelitian di Institut Pemerintahan Dalam Negeri Jatinangor, Sumedang. Doktoral thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftar isi.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab 1.pdf

Download (418kB) | Preview
[img] Text
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (801kB) | Request a copy
[img] Text
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (278kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB) | Request a copy
[img] Text
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (284kB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran PAI tidak hanya difokuskan pada pemberian pembekalan kemampuan pengetahuan yang bersifat teoritis saja, seharusnya pengalaman belajar yang dimiliki peserta didik itu senantiasa terkait dengan permasalahan aktual yang terjadi di lingkungannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi; 1) Model pembelajaran PAI di Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Jatinangor; 2) Implementasi Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam pembelajaran PAI di IPDN Jatinangor 3) Dampak penggunaan Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap perilaku keberagamaan praja di IPDN Jatinangor; 4) Faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan pembelajaran PAI berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) di IPDN Jatinangor. Model pembelajaran PAI berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) adalah keterkaitan setiap materi atau topik pembelajaran dengan kehidupan nyata dan bermuara kepada dampaknya bagi keberagamaan praja IPDN Jatinangor. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data berdasarkan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, penyajian data, dan pengolahan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; Pertama, Model pembelajaran PAI di Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Jatinangor pada prinsipnya terbagi dalam dua bagian penting; 1) pembelajaran PAI sesuai dengan kurikulum nasional yang diselenggarakan pada jam pelajaran di kelas; 2) pembelajaran dan pembinaan agama Islam yang diselenggarakan oleh unit pendidikan bagian ekstrakurikuler di luar jam pelajaran kelas sebagai muatan lokal; Kedua, Implementasi Contextual Teacing and Learning (CTL) dalam pembelajaran PAI di IPDN Jatinangor yaitu; tujuan, program, proses, dan evaluasi; Ketiga, Dampak penggunaan Contextual Teacing and Learning (CTL) terhadap perilaku keberagamaan praja di IPDN Jatinangor yaitu religius, disiplin, jujur, bertanggung jawab, dan sikap peduli; Keempat, Faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan pembelajran PAI berbasis Contextual Teacing and Learning (CTL) dalam meningkatkan perilaku keberagamaan praja; a. Faktor pendukung; 1) praja dalam mengikuti kegiatan perkuliahan cukup tinggi; 2) dukungan lembaga yang selalu peduli dan terbuka; 3) kegiatan belajar mengajar saat pandemi Covid-19 di IPDN dilaksanakan secara luring dan daring; 4) lembaga memfasilitasi setiap kegiatan keagamaan; b. Faktor penghambat; 1) terbatasnya jam pelajaran PAI yang hanya dua jam setiap minggu; 2) sebagian dosen yang belum mengerti pelaksanaan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan baik; 3) beragamnya kemampuan praja; 4) fasilitas sarana dan prasarana kurang maksimal.

Item Type: Thesis (Doktoral)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Agama Islam; Metode pembelajaran; Praja
Subjects: Education
Divisions: Pascasarjana Program Doktor > Program Studi Pendidikan Islam
Depositing User: Haris Maiza Putra
Date Deposited: 25 Nov 2021 04:48
Last Modified: 25 Nov 2021 04:48
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/46491

Actions (login required)

View Item View Item