Pengaruh dana wadiah dan dana investasi tidak terikat terhadap total liabilitas dengan mempertimbangkan Non Performing Financing (NPF) sebagai variabel mediasi: Studi pada Bank Bukopin Syariah dan Bank BCA Syariah Tahun 2014-2019

Mardhiah, Rizqi (2021) Pengaruh dana wadiah dan dana investasi tidak terikat terhadap total liabilitas dengan mempertimbangkan Non Performing Financing (NPF) sebagai variabel mediasi: Studi pada Bank Bukopin Syariah dan Bank BCA Syariah Tahun 2014-2019. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftar isi.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab 1.pdf

Download (461kB) | Preview
[img] Text
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (491kB) | Request a copy
[img] Text
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (345kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (823kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (53kB) | Request a copy
[img] Text
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (179kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan fenomena pertumbuhan ekonomi yang sangat berpengaruh besar terhadap perkembangan lembaga keuangan salah satunya adalah perbankan syariah. Aspek yang menjadi penilaian keunggulan perbankan syariah salah satunya dapat dilihat dari kelihaian perusahaan dalam mengatur efektifitas funding dan financing yang berimbas pada pendapatan dan berakhir pada total kewajiban bank. Non Performing Financing (NPF) sangat erat kaitannya dengan tingkat kemampuan bank dalam mengembalikan dana dari pihak ketiga, seperti yang terjadi pada beberapa periode di salah satu Bank Umum Syariah. Penulis menggunakan teori sinyal yang dikemukakan oleh Ariffin berdasarkan signalling theory, ketika kinerja bank semakin baik maka bank berharap akan mengungkapkan informasi yang berkualitas tinggi kepada masyarakat atau pasar. sinyal merupakan informasi mengenai apa yang telah dilakukan oleh manajemen akan meningkatkan nilai perusahaan dan mengurangi ketidakpastian prospek perusahaan di masa yang akan datang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh Dana Wadiah terhadap Non Performing Financing (NPF); pengaruh Dana Investasi Tidak Terikat terhadap Non Performing Financing (NPF); pengaruh Non Performing Financing (NPF) terhadap Total Liabilitas; dan pengaruh Dana Wadiah dan Dana Investasi Tidak Terikat terhadap Total Liabilitas melalui Non Performing Financing (NPF) sebagai variabel mediasi pada bank umum syariah. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitis. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa Laporan Keuangan Triwulan Bank Bukopin Syariah dan Bank BCA Syariah Tahun 2014-2019 yang berasal dari halaman website yang telah terpublikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Dana Wadiah secara parsial tidak berpengaruh terhadap Non Performing Financing (NPF); Dana Investasi Tidak Terikat secara parsial tidak berpengaruh terhadap Non Performing Financing (NPF); Non Performing Financing (NPF) berpengaruh terhadap Total Liabilitas; Non Performing Financing (NPF) tidak memediasi hubungan antara Dana Wadiah dan Total Liabilitas; Non Performing Financing (NPF) memediasi hubungan antara Dana Investasi Tidak Terikat dan Total Liabilitas.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: dana wadiah; dana investasi; liabilitas Non Performing Financing (NPF); variabel mediasi;
Subjects: Education
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Ekonomi Islam
Depositing User: Haris Maiza Putra
Date Deposited: 25 Nov 2021 03:34
Last Modified: 25 Nov 2021 03:34
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/46482

Actions (login required)

View Item View Item