Optimalisasi pemungutan pajak daerah : Pajak rokok dan pajak air permukaan di Badan Pendapatan Daerah Provinsi Jawa Barat tahun 2016-2019

Nuraeni, Nunung (2021) Optimalisasi pemungutan pajak daerah : Pajak rokok dan pajak air permukaan di Badan Pendapatan Daerah Provinsi Jawa Barat tahun 2016-2019. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Badung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (189kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (250kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (134kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (418kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (133kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (127kB) | Request a copy

Abstract

Penerimaan daerah yang berasal dari pajak merupakan suatu hal yang penting guna untuk meningkatkan pembangunan. Dengan demikian, pemerintah harus mengoptimalkan penerimaan pajak tersebut khususnya bagi pajak rokok dan pajak air permukaan. Dalam hal ini yang berperan adalah Bapenda Provinsi Jawa Barat selaku penyelenggara dan pengelola pendapatan daerah termasuk untuk melakukan pemungutan pajak daerah. Dalam pelaksanaannya penerimaan pajak rokok dan pajak air permukaan tahun 2016 sampai 2019 mengalami fluktuatif selain itu masih terdapat hambatan dalam proses pemungutannya yang mengindikasikan bahwa belum optimalnya pemungutan pajak rokok dan pajak air permukaan yang dilakukan oleh Bapenda Provinsi Jawa Barat. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui sejauh mana optimalisas Pemungutan Pajak Daerah (Pajak Rokok dan Pajak Air Permukaan di Badan Pendapatan Daerah Provinsi Jawa Barat Tahun 2016-2019). Penelitian tentang optimalisasi pemungutan pajak daerah (pajak Rokok dan Pajak Air Permukaan) penting dilakukan karena untuk meningkatkan pembangunan daerah dan kesejahteraan masyarakat. Penelitian ini menggunakan Teori dari Siti Kurnia Rahayu (2013) dimana ada beberapa faktor dalam menentukan optimalisasi pemasukan anggaran ke kas negara melalui pemungutan pajak, yakni : (1) Kejelasan, kepastian, kesederhanaan peraturan parundang-undangan perpajakan, (2) Kebijakan pemerintah dalam mengimplementasikan undang-undang perpajakan, (3) Sistem administrasi perpajakan yang tepat, (4) Pelayanan, (5) Kesadaran dan pemahaman warga negara, (6) Kualitas Petugas Pajak. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Dimana dengan metode ini peneliti bisa mengambarkan, menjelaskan, dan memaparkan terkait optimalisasi pemungutan pajak rokok dan pajak air permukaan. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan verification (penarikan kesimpulan). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Optimalisasi Pemungutan Pajak Daerah yakni Pajak Rokok dan Pajak Air Permukaan di Bapenda sudah berjalan baik. Karena dalam mengimplementasikan peraturan perpajakan UU No.28/2009 sudah jelas, pasti dan sederhana. Bapenda Provinsi Jawa Barat melakukan intensifikasi dan ekstensifikasi guna memperluas penerimaan pajak. Adapun sistem administrasi sudah tepat dan tidak rumit. Untuk meningkatkan penerimaan pajak, petugas memberikan pelayanan yang maksimal dengan memberikan pengarahan kepada wajib pajak dalam pembayaran pajak dan memberikan sosialisasi kepada wajib pajak. Meningkatkan kualitas pajak dilakukan pelatihan diklat, dan bimbingan teknik setiap tahunnya supaya menciptakan pelayanan yang baik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: optimalisasi; pajak rokok; pajak air permukaan
Subjects: Public Finance
Public Finance > Public Finance of Specific Localities
Public Administration
Public Administration > Public Administration in Specific Localities
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Nunung Nuraeni
Date Deposited: 25 Nov 2021 05:39
Last Modified: 25 Nov 2021 05:39
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/46474

Actions (login required)

View Item View Item