Hubungan sistem informasi manajemen kepegawaian (SIMPEG) dengan kualitas pelayanan administrasi kepegawaian : Penelitian pada Pegawai Negeri Sipil di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bandung Barat

Karina, Karina (2021) Hubungan sistem informasi manajemen kepegawaian (SIMPEG) dengan kualitas pelayanan administrasi kepegawaian : Penelitian pada Pegawai Negeri Sipil di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bandung Barat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (386kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB l)
4_bab1.pdf

Download (443kB) | Preview
[img] Text (BAB ll)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (508kB) | Request a copy
[img] Text (BAB lll)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (635kB) | Request a copy
[img] Text (BAB lV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (512kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (310kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (413kB) | Request a copy

Abstract

Sistem informasi manajemen kepegawaian (SIMPEG) merupakan sistem yang dipergunakan untuk menyimpan data-data pegawai, salah satu lembaga yang sudah menerapakan sistem informasi manajemen kepegawaian (SIMPEG) sebagai sistem untuk menyimpan data-data pegawai adalah Kantor Kementrian Agama Kabupaten Bandung Barat, dengan adanya penerapan SIMPEG ini diharpakan mampu menciptakan pelayanan administrasi kepegawaian yang berkualitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Bagaimana sistem informasi manajemen kepegawaian (SIMPEG) di Kantor Kementrian Agama Kabupaten Bandung Barat, 2) Bagaimana kualitas pelayanan administrasi kepegawaian di Kantor Kementrian Agama Kabupaten Bandung Barat, 3) Bagaimana hubungan sistem informasi manajemen kepegawaian (SIMPEG) dengan kualitas pelayanan administrasi kepegawaian di Kantor Kementrian Agama Kabupaten Bandung Barat. Teori sistem informasi manajemen kepegawaian (SIMPEG) menggunakan teori dari Mc Leod dalam jurnal Rahmawati yang terdiri dari emapat indikator yaitu pengumpulan data, pengolahan data, penyimpanan data, pelaporan data yang telah menjadi informasi. Sedangkan untuk kualitas pelayanan peneliti menggunakan teori dari Zeithaml yang dikutip dalam bukunya Hardiansyah, yang terdiri dari lima indikator yaitu tangible, reliability, responsivenes, assurance, dan empathy. Penelitian ini bersifat deskriptif, dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis korelasi. Teknik pengambilan data yang dilakukan adalah menggunakan angket kuesioner. Kemudian teknik analaisis data dalam penelitian ini adalah uji instrumen (validitas dan reabilitas), uji analisis parsial perindikator, uji prasyarat (uji normalitas dan linieritas), dan uji korelasi. Berdasarkan hasil penelitian, bahwa sistem informasi manajemen kepegawaian (SIMPEG) dengan kualitas pelayanan administrasi kepegawaian memiliki korelasi dengan nilai signifikansi 0,000<0,05. Kemudian berdasaran hasil penghitungan analisis koefisien korelasi yang diperoleh adalah 0,674. Terdapat pada tingkat kekuatan yang tinggi, karena terdapat pada kategori 0,60 – 0,799. Jenis hubungan variabel sistem informasi manajemen kepegawaian (SIMPEG) dengan kualitas pelayanan administrasi kepegawaian mengarah kepada sifat positif dengan melihat angka pearson correlation yaitu 0,674 dengan tidak memiliki tanda negatif (-), sehingga hubungan kedua variabel tersebut searah dan memiliki arti bahwa semakin tinggi sistem informasi manajemen kepegawaian (SIMPEG) maka semakin tinggi pula kualitas pelayanan administrasi kepegawaian. Selanjutnya diperoleh koefisiensi determinasi (R square) sebesar 0,454 bermakna bahwa kontribusi variabel sistem informasi manajemen kepegawaian (SIMPEG) terhadap kualitas pelayanan administrasi kepegawaian adalah 45,4%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian (SIMPEG) ; Kualitas Pelayanan Administrasi
Subjects: Education
General Management > Personnel Management
General Management > Information Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Karina Karina
Date Deposited: 25 Nov 2021 06:22
Last Modified: 25 Nov 2021 06:22
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/46460

Actions (login required)

View Item View Item