Optimalisasi pendayagunaan Zakat Produktif di Lembaga Zakatku dalam meningkatkan ekonomi masyarakat pada Program Kampung Mandiri Insani

Sopiah, Sopi (2021) Optimalisasi pendayagunaan Zakat Produktif di Lembaga Zakatku dalam meningkatkan ekonomi masyarakat pada Program Kampung Mandiri Insani. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (846kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (839kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (843kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (841kB) | Request a copy

Abstract

Zakat dalam pandangan Islam adalah suatu perwujudan nyata ibadah seseorang, yang langsung bersetuhan dengan kebutuhan umat manusia, juga sebagai bentuk wujud nyata rasa kepedulian antar sesama (Ibadah sosial). Dari kepedulian sosial inilah zakat dapat dilihat sebagai salah satu cara atau solusi pengentasan kemiskinan dalam perspektif agama islam. Dengan begitu, perlu pengoptimalisasian pendayagunaan dana zakat dari setiap lembaga secara efektif. Karya tulis ini dibuat bertujuan untuk mengetahui bagaimana mekanisme pendistribusian dana zakat produktif yang terhimpun pada program Kampung Mandiri Insani juga untuk mengetahui bagaimana optimalisasi pendayagunaan zakat produktif terhadap pendapatan masyarakat Kampung Mandiri Insani. Metode yang digunakan untuk penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode kualitatif sering disebut juga metode naturalistik karena penelitiannya dilakukan dalam kondisi yang alamiah. Adapun teknik yang dipilih oleh peneliti untuk mengumpulkan datanya meliputi dokumentasi, wawancara dan observasi. Penulis mendapatkan hasil bahwa mekanisme pendistribusian dana zakat produktif telah berjalan dengan optimal tentu dengan adanya strategi yang diberikan oleh lembaga Zakatku terhadap keberhasilan program Kampung Mandiri insani ini diantaranya a) Permodalan b) Pelatihan dan pendampingan program c) Pemberian Motivasi Moril. Dengan adanya program Kampung mandiri insani ini sudah banyak masyarakat yang terbantu, baik itu penambahan penghasilan, penambahan ilmu agama dan parenting, peningkatan skill produktif dan pengembangan potensi lokal yang ada di daerah Kampung Mandiri Insani.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Zakat; Zakat Produktif; Kampung Mandiri Insani
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Zakat
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Penerima Zakat, Mustahiq
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Ekonomi Syariah
Depositing User: Sopi Sopiah
Date Deposited: 24 Nov 2021 02:39
Last Modified: 24 Nov 2021 02:39
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/46444

Actions (login required)

View Item View Item