Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Socio-Scientific Issues (SSI) pada materi perubahan iklim

Ameliawati, Meli (2021) Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Socio-Scientific Issues (SSI) pada materi perubahan iklim. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (313kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (833kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (647kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (44kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (397kB)

Abstract

Dari wawancara yang telah dilakukan terhadap guru IPA di salah satu sekolahnegeri di kabupaten Subang, diketahui bahwa salah satu kendala pada proses pembelajarannya adalah membutuhkan bahan ajar berupa Lembar Kerja Siswa (LKS) yang mampu mengintegrasikan nilai-nilai sains dengan isu permasalahansehari-hari. Lembar Kerja Siswa yang digunakan masih terpaku pada konsep dan berisi latihan-latihan soal dan kurang mencerminkan kompetensi dasar yang harus dicapai siswa di abad 21. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis Socio-Scientific Issues (SSI) pada materi perubahan iklim, menganalisis kelayakan dan respon uji keterbacaan siswa terhadap LKS. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah R&D (Research and Development) sampai pada tahap 3D (Define, Design, Development). 30 orang siswa kelas VII SMP Negeri 1 Cisalak menjadi subjek dalam penelitian. Adapun untuk instrumen pada penelitian ini adalah uji validasi dari ketiga ahli (ahli materi, ahli media, guru IPA), dan angket uji keterbacaan siswa. Hasil penelitian menunjukkan dari hasil validasi yang telah dilakukan oleh ahli mendapatkan total presentasi sebanyak 89,37% dengan kategori sangat layak. Setelah divalidasi dan dinyatakan layak, kemudian dilakukan uji coba terbatas kepada peserta didik untuk memperoleh tanggapan keterbacaan peserta didik. Dari hasil uji yang dilakukan diperoleh hasil total presentasi sebanyak 90% dengan kategori sangat layak. Dengan demikian Lembar Kerja Siswa (LKS) yang telah dikembangkan dinyatakan sangat layak digunakan sebagai bahan ajar peserta didik kelas VII SMP.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Lembar Kerja Siswa; Socio-Scientific Issues; Perubahan Iklim
Subjects: Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Meli Ameliawati
Date Deposited: 14 Dec 2021 02:25
Last Modified: 14 Dec 2021 02:25
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/46410

Actions (login required)

View Item View Item