Peran Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Munggaran dalam mengembangkan usaha dan ekonomi masyarakat : Studi deskriptif di Desa Panumbangan Kecamatan Jampang Tengah Kabupaten Sukabumi

Fauziah, Nadila (2021) Peran Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Munggaran dalam mengembangkan usaha dan ekonomi masyarakat : Studi deskriptif di Desa Panumbangan Kecamatan Jampang Tengah Kabupaten Sukabumi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (329kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (292kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (628kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (317kB) | Request a copy

Abstract

Hadirnya Bumdes berperan dalam mengembangkan usaha dan ekonomi masyarakat. Pada 6 tahun terakhir jumlah Bumdes di Indonesia setiap tahunnya terus meningkat tetapi perkembangannya masih beragam, walaupun begitu, Bumdes Munggaran di Desa Panumbangan telah banyak berkontribusi dalam pengembangan usaha dan ekonomi masyarakat Panumbangan selama 6 tahun berdiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi, hambatan dan keberhasilan program Bumdes Munggaran dalam upaya mengembangkan usaha dan ekonomi masyarakat di Desa Panumbangan. Teori yang dipakai dalam penelitian ini adalah teori pendekatan dalam pemberdayaan dari Hutomo (2000) yang menyatakan 5 dimensi pendekatan yaitu: Bantuan Modal Bergulir, Bantuan Pembangunan Prasarana, Bantuan Pendampingan, Penguatan Kelembagaan, Penguatan Kemitraan Usaha. Teori faktor penghambat dari Adamson (2013) yaitu faktor penghambat dari dalam dan faktor penghambat dari luar. Teori indikator keberhasilan pemberdayaan dari Gunawan Sumodiningrat (1999) ialah berkurangnya jumlah penduduk miskin, berkembangnya usaha peningkatan pendapatan, meningkatnya kepedulian masyarakat, meningkatnya kemandirian kelompok, dan meningkatnya kapasitas masyarakat dan pemerataan pendapatan. Metode yang digunakan pada penelitian adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah triangulasi data yaitu reduksi data, kategorisasi, dan pengambilan kesimpulan. Adapun hasil penelitian dilapangan menunjukan bahwa Bumdes Munggaran telah membantu masyarakat melalui bantuan modal dan peralatan usaha, serta mengadakan pelatihan baik bagi pengurus dan masyarakat. Dalam implementasinya ada beberapa kendala seperti kurangnya modal, pengetahuan pengurus Bumdes yang masih terbatas, kurangnya partisipasi masyarakat. Tetapi Program Bumdes juga dapat dirasakan manfaatnya, ditandai dengan meningkatnya pendapatan masyarakat walaupun tidak signifikan, tumbuhnya kemandirian kelompok, dan meningkatnya kepedulian masyarakat terhadap upaya peningkatan kesejahteraan keluarga miski dilingkungannya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan; Bumdes; Implementasi; Hambatan; Indikator Keberhasilan;
Subjects: General Management > Research and Development Management (R and D)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Nadila Fauziah
Date Deposited: 22 Nov 2021 05:31
Last Modified: 22 Nov 2021 05:31
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/46398

Actions (login required)

View Item View Item