Strategi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dalam meningkatkan perolehan suara Kota Cimahi pada Pemilu 2014-2019

Fauzi, Muhammad Fahrul (2021) Strategi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dalam meningkatkan perolehan suara Kota Cimahi pada Pemilu 2014-2019. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarisi.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1.pdf

Download (381kB) | Preview
[img] Text
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (297kB) | Request a copy
[img] Text
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (439kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (24kB) | Request a copy
[img] Text
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (43kB) | Request a copy

Abstract

Pemilu merupakan fenomena yang selalu terjadi dalam kehidupan demokrasi. Perencanaan yang strategis dan cermat merupakan persyaratan utama keberhasilan bagi partai politik dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana strategi Partai Keadilan Sejahtera dalam meningkatkan perolehan suara pada Pemilu tahun 2014-2019 di Kota Cimahi?” Sementara, tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran mengenai Strategi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) 2019 di Kota Cimahi. Metode yang digunakan adalah kualitatif, dengan Ketua DPD PKS Cimahi, Sekretaris Umum DPD PKS Cimahi, Ketua Badan Pemenangan Pemilu dan Pemilukada PKS Cimahi, Ketua Badan Pelayanan Umat PKS Kota Cimahi, dan anggota PKS Cimahi sebagai informan dalam penelitian ini. Sedangkan pengumpulan data yang dilakukan secara kualitatif melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa strategi Partai Keadilan sejahtera Cimahi dalam meningkatkan suara pada pemilu 2019 menerapkan strategi politik dengan pendekatan marketing politik yaitu segmentasi merupakan pemilihan kelompok masyarakat tertentu yang paling mungkin dipengaruhi oleh program strategiu kampanye PKS (pemetaan wilayah pemilih); Targetting suaranya; positioning (penentuan posisi) yang merupakan strategi untuk menanamkan citra tertentu kepada satu atau beberapa kelompok pemilih. Dalam Strategi Kampanye, PKS memiliki 7 strategi yaitu pemberitaan media massa, LT212, P40tang, silaturahim tokoh, flash mob, dirrect selling door to door, janji politik kampanye yang dilakukan di Kota Cimahi. Berdasarkan hasil pemilu 2019, suara yang diperoleh PKS 51.528 atau setara dengan 7 kursi DPRD dan pada pemilu 2014 PKS hanya memperoleh 27.649 setara dengan mendapatkan 5 kursi DPRD Cimahi, maka strategi yang diterapkan dinilai meningkat suaranya berjumlah 23.879 setara dengan 46%. Strategi politik PKS Kota Cimahi berhasil dan efektif dalam Pemilu Legislatif pada tahun 2019.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Strategi;PKS;Pemilu
Subjects: Political Process > Programs and Ideologies of Parties
Political Process > Parties in Indonesia
Political Process > Campaigns and Parties in Indonesia
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Program Studi Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Muhammad Fahrul Fauzi
Date Deposited: 22 Nov 2021 04:27
Last Modified: 22 Nov 2021 04:27
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/46387

Actions (login required)

View Item View Item