Pengaruh game edukasi berbasis web terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem imunb: Penelitian quasi-eksperiment pada siswa kelas XI di SMAN 3 Purwakarta

Julianti, Dwi Ratna (2021) Pengaruh game edukasi berbasis web terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem imunb: Penelitian quasi-eksperiment pada siswa kelas XI di SMAN 3 Purwakarta. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (355kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (412kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (621kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (720kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (359kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (253kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTARPUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (264kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan penggunaan media pembelajaran yang kurang maksimal ketika proses pembelajaran yang menyebabkan pembelajaran menjadi pasif dan tidak menyenangkan sehingga dapat berdampak pada hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk menganalisis pengaruh penggunaan game edukasi berbasis web terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem imun. Metode yang digunakan pada penelitian ini yakni metode Quasi Eksperiment dengan desain non-equivalent control group. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes (pre-test dan post-test), lembar observasi serta angket respon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa game edukasi berbasis web berpengaruh positif pada hasil belajar siswa dan memiliki pengaruh yang besar terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem imun. Hasil belajar menggunakan game edukasi berbasis web mendapatkan perolehan rata-rata N-Gain sebesar 0,48 (sedang) dan pada kelas kontrol memiliki rata-rata N-Gain sebesar 0,32 (sedang). Keterlaksanaan aktivitas guru dan siswa di kelas dengan menggunakan game edukasi berbasis web memiliki hasil yang sangat baik. Respon siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan game edukasi berbasis web memperoleh nilai rata-rata persentase sebesar 72,13% dengan kriteria baik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: game edukasi berbasis web; hasil belajar; sistem imun
Subjects: Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Dwi Ratna Julianti
Date Deposited: 14 Dec 2021 02:32
Last Modified: 14 Dec 2021 02:32
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/46379

Actions (login required)

View Item View Item