Implementasi kebijakan Bantuan Langsung Tunai – Dana Desa (BLT- Dana Desa) di Desa Cikoneng Kecamatan Mandalawangi Kabupaten Pandeglang tahun 2020

Gofur, TB Ihsan (2021) Implementasi kebijakan Bantuan Langsung Tunai – Dana Desa (BLT- Dana Desa) di Desa Cikoneng Kecamatan Mandalawangi Kabupaten Pandeglang tahun 2020. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (354kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (342kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (666kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (702kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (647kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (947kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (267kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (364kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakngi oleh banyaknya kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah untuk menanggulangi kemiskinan salah satunya Kebijakan Peraturan Menteri Desa PDTT Nomor 6 Tahun 2020, Program Bantuan Langsung Tunai – Dana Desa yang disingkat BLT-DD. Bantuan Langsung Tunai – Dana Desa (BLT- Dana Desa) adalah Program pemerintah yang baru saja di keluarkan pada bulan April 2020 akibat dampak adanya pandemi Covid-19.Berdasarkan observasi yang dilakukan peneliti ditemukan bahwa terdapat permasalahan mengenai data dari pemerintah yang tidak tepat sasaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Implementasi Kebijakan Bantuan Langsung Tunai – Dana Desa (BLT- Dana Desa) Di Desa Cikoneng Kecamatan Mandalawangi Kabupaten Pandeglang Tahun 2020 dan kendala apa saja yang dihadapi dalam Implementasi Kebijakan Bantuan Langsung Tunai – Dana Desa (Blt- Dana Desa) Di Desa Cikoneng Kecamatan Mandalawangi Kabupaten Pandeglang Tahun 2020. penelitian ini terdiri dari satu variabel yaitu implementasi kebijakan, penulis mengacu pada teori implementasi kebijakan publik model Van Matter dan Van Horn bahwa terdapat 6 variabel yang mempengaruhi kinerja implementasi kebijakan publik yaitu ukuran dan tujuan kebijakan, sumber daya, karakteristik agen pelaksana, sikap atau kecenderungan para pelaksana, komunikasi antar organisasi dan aktivitas pelaksana dan lingkungan ekonomi, sosial, dan politik. Metode yang digunakan penulis dalam melakukan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah observasi, dokumantasi, dan wawancara. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan/vertifikasi. Hasil penelitian dari keseluruhan dimensi yang dikemukakan oleh Van Matter dan Van Horn maka Implementasi Kebijakan Bantuan Langsung Tunai – Dana Desa (BLT- Dana Desa) Di Desa Cikoneng Kecamatan Mandalawangi Kabupaten Pandeglang Tahun 2020 sudah dilaksanakan dengan baik sehingga tujuan kebijakan sudah tercapai, tetapi belum secara maksimal kerena ada beberapa indikator dari dimensi-dimensi implemantasi kebijakan yang kurang terlaksana dengan baik dalam pelaksanaa program seperti data yang tidak sesuai dengan fakta dilapangan sehingga terjadinya salah sasaran. Untuk implementasi Kebijakan Bantuan Langsung Tunai – Dana Desa perlu ditingkatkan lagi pengawasan baik dari masyarakat maupun pejabat pemerintah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Implementasi Kebijakan; Program Bantuan Langsung Tunai – Dana Desa; Implementasi Kebijakan
Subjects: Public Administration
Public Administration > Public Administration in Indonesia
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Gofur Ihsan Gofur
Date Deposited: 19 Nov 2021 05:45
Last Modified: 19 Nov 2021 05:45
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/46359

Actions (login required)

View Item View Item