Partisipasi masyarakat dalam penggunaan masker pada masa pandemi covid-19 : Studi penelitian di Desa Cinangneng Kecamatan Tenjolaya Kabupaten Bogor

Fitriah, Hilda Kamilah (2021) Partisipasi masyarakat dalam penggunaan masker pada masa pandemi covid-19 : Studi penelitian di Desa Cinangneng Kecamatan Tenjolaya Kabupaten Bogor. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (434kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (73kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (230kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (80kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (377kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (48kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi kondisi yang sedang terjadi di masyarakat yaitu pandemi Covid-19, pandemic ini menyebabkan lumpuhnya kehidupan sosial yang ada dan menimbulkan berbagai kebijakan dari pemerintah seperti stay at home, work from home (WFH), PSBB, dan Penggunaan protocol kesehatan seperti menggunakan masker dan mencuci tangan. Tujuan penelitian yaitu untuk memperoleh data mengenai bagaimana persepsi masyarakat Desa Cinangneng tentang Covid-19, upaya pemerintah Desa Cinangneng dalam menangani pandemic Covid-19 dan bagaimana partisipasi masyarakat Desa Cinangneng dalam penggunaan masker. Penelitian ini menggunakan teori tindakan sosial Max Weber, dalam teori ini menjelaskan bahwa tindakan sosial masyarakat memiliki makna tertentu, maka dari itu proses partisipasi masyarakat dalam penggunaan masker memiliki berbagai makna tertentu. Teori ini diklasifikasikan menjadi empat yaitu tindakan rasional instrumental, rasional nilai, afektif, dan tindakan tradisional. Dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Sumber data yang digunakan ialah sumber data primer yaitu SATGAS, pihak desa dan masyarakat Desa Cinangneng, dan sumber data sekunder yaitu kajian ilmiah terdahulu dan dokumen dari Desa Cinangneng. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan ialah dengan observasi, wawancara dan studi literatur. Lebih lanjut, untuk teknik analisis datanya berangkat dari data lapangan pada masyarakat di Desa Cinangneng yang kemudian dilakukan reduksi data, penyajian data dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menyatakan bahwa perespsi masyarakat Desa Cinangneng mengenai Covid yaitu percaya adanya virus Covid-19 namun tidak terlalu berbahaya seperti yang diberitakan di media, kemudian upaya pemerintah desa dalam mencegah penyebaran virus ialah dengan melakukan himbauan tentang protocol kesehatan dan mengawasinya dengan kegiatan operasi masker. Adapun partisipasi masyarakat Desa Cinangneng dalam penggunaan masker cukup tinggi, hal itu dapat dilihat dari data operasi masker yang telah dilaksanakan dimana terdapat penurunan orang yang terkena operasi masker.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Covid-19;Masker;Partisipasi
Subjects: Sociology and Anthropology, Society
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Hilda Kamila Fitria
Date Deposited: 26 Nov 2021 00:34
Last Modified: 26 Nov 2021 02:58
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/46341

Actions (login required)

View Item View Item