Aktivitas keluarga remaja Islam Masjid Salman ITB (Karisma ITB) sebagai wadah kegiatan mahasiswa Bandung tahun 1981-2017

Widiastuti, Ninda Handayani (2021) Aktivitas keluarga remaja Islam Masjid Salman ITB (Karisma ITB) sebagai wadah kegiatan mahasiswa Bandung tahun 1981-2017. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (380kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTARISI.pdf

Download (387kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB1.pdf

Download (668kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (794kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (661kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (387kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTARPUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (387kB)

Abstract

Berawal dari kegiatan di Masjid Salman ITB di tahun 1979 akhir, hadir sebagai wadah kegiatan pembinaan dan aktivitas dari berbagai kalangan, baik pelajar, mahasiswa, dosen atau bahkan masyarakat biasa hadir mewarnai kegiatan di Masjid Salman ITB. Tahun 1981 menjadi tonggak awal kegiatan di Masjid Salman ITB dengan di resmikanya unit kegiatan yang menjadi wadah kegiatan para mahasiswa yang berada di Bandung dengan hadir sebagai wadah penyalur ide, gagasannya yang di miliki para mahasiswa Bandung, dengan objek kegiatan untuk pembinaan mahasiswa itu sendiri dan tentunya para pelajar tadi yang tegabung dari kalangan adik remaja SMP/SMA/SMK yang ada di Bandung. Mahasisswa memiliki peran salah satunya menjadi Social Control, yaitu dengan kemampuan intelektualnya dan kepekaan sosial dan sikap kritisnya mampu mengontrol sebuah kehidupan sosial di kalangan masyarakat, dengan kritik dan sarannya, ia juga sebagai penyambung lidah rakyat. Hal ini tentunya menjadi tugas para mahasiswa yang menjadi penggerak untuk tatanan sosial, yang mana para adik remaja saat itu sedang mengalami kemerosotan akhlaq seperti, geng motor, tawuran, pergaulan bebas. KARISMA pun menjadi alternatif bagi Mahasiswa untuk memiliki kegiatan yang akan bermanfaat bagi umat khususnya bagi remaja Bandung saat itu dengan bentuk pembinaan yang di lakukan secara sistematis yaitu pembelajaran formal dan informal, juga untuk dirinya sendiri dalam wawasan ke-Islamannya. Berdasarkan permasalahan di atas maka di rumuskan rumusan masalah sebagai berikut ; Bagaimana Proses berdirinya dan Struktur organisasi Karisma ITB, Bagaimana Aktivitas atau Kegiatan organisasi Karisma ITB , dengan tujuan penelitian sebagai berikut, Mengetahui Proses berdirinya dan Struktur organisasi Karisma ITB, Mengetahui Aktivitas atau Kegiatan organisasi Karisma ITB. Dengan demikian KARISMA, menjadi wadah kegiatan Mahasiswa dan pelajar yang telah berdiri kurang lebih 40 tahun sampai sekarang. kegiatan Mentoring, Training, Bimbingan Belajar, Bimbingan Baca Al-Qur’an hingga menghadirkan sebuah himpunan remaja rohis yang di sebut HIROKOBA yang sampai saat ini hadir dengan pengebangan pembinaan yang tebagi menjadi 2 pembinaan yaitu pembinaan adik remaja SMP/SMA/SMK dan pembinaan pembina yang terdiri dari mahasiswa dari bergai kampus di Bandung menjadikan KARISMA ITB masih tetap bertahan sampai saat ini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Salman; Pembinaan; KARISMA; Mahasiswa; Remaja; Islam; Wadah Kegiatan;
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Program Studi Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Ninda Handayani Widiastuti
Date Deposited: 19 Nov 2021 02:48
Last Modified: 19 Nov 2021 02:48
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/46335

Actions (login required)

View Item View Item