Optimalisasi program Pondok Pesantren Ar-Rahmat dalam meningkatkan kualitas santri: Studi deskriptif program Tahfidzul Qur’an di Pondok Pesantren Ar-Rahmat Cileunyi Kab. Bandung

Nuralfiyuni, Rika Chozini (2021) Optimalisasi program Pondok Pesantren Ar-Rahmat dalam meningkatkan kualitas santri: Studi deskriptif program Tahfidzul Qur’an di Pondok Pesantren Ar-Rahmat Cileunyi Kab. Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (247kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (326kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (599kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (83kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (152kB) | Request a copy

Abstract

Pondok Pesantren Ar-Rahmat merupakan pondok pesantren yang tergolong relatif masih muda, berdiri pada tahun 2015 yang ikut andil dalam melestarikan al-qur’an dengan menjadikan program tahfidz al-Qur’an sebagai salah satu program yang akan diunggulkan oleh pesantren. Pondok pesantren Ar- Rahmat memiliki cita-cita terhadap santri yang keluar dari pesantren ini memiliki setidaknya 3 juz hafalan Qur’an yakni juz 30,29 dan 28. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis mengenai Optimalisasi yang dilakukan oleh pondok pesantren Ar-Rahmat dalam meningkatkan kualitas santri dalam program Tahfidzul Qur’an meliputi konsep yang digunakan, implementasi, kelebihan dan kelemahan serta evaluasi yang dilakukan dalam program Tahfidzul Qur’an dalam meningkatkan kualitas santri. Teori yang dipilih dalam penelitian ini adalah teori Optimalisasi menurut Winardi (1996) adalah bahwa ukuran segala sesuatu yang akan menghasilkan tercapainya tujuan dipandang dari sudut usaha. Pondok pesantren bertujuan untuk membimbing santri menjadi manusia berkepribadian Islam dan dapat mengamalkan ilmu yang diperoleh. Perwujudan manusia yang berkualitas menurut Mujiono (2013) didukung dengan adanya kualitas iman, ilmu pengetahuan, amal shaleh dan sosial. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif yaitu menjelaskan data-data mengenai Optimalisasi Pondok Pesantren Ar-Rahmat dalam Meningkatkan Kualitas Santri pada Program Tahfidzul Qur’an secara rinci dan tersusun dengan baik. Jenis penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk memaparkan, menggambarkan, dan menjelaskan data-data secara menyeluruh, luas dan mendalam melalui observasi lapangan, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa dalam pengoptimalisasian yang dilakukan oleh Pondok Pesantren Ar-Rahmat dalam meningkatkan kualitas santri dalam program Tahfidzul Qur’an adalah terdiri dari empat rumusan yaitu konsep program tahfidzul Qur’an di pondok pesantren Ar-Rahmat dirumuskan kedalam konsep 3M: mengenal, memahami dan mengamalkan Al-Qur’an. Implementasi program tahfidzul Qur’an dilaksanakan melalui pengenalan Al-Qur’an, bimbingan hafalan, setoran, muroja’ah, mutqin dan tasmi’ dengan menggunakan metode takrir, sirte dan talaqqi melalui tahapan penyusunan jadwal, pembagian pembimbing, pengelompokan santri dan pemberian bimbingan dan arahan berisi motivasi, materi, penargetan, metode dan tasmi’. Kelebihan dan kelemahan program tahfidzul qur’an terletak di motivasi santri dan juga kuantitas pembimbing yang diperbanyak supaya setiap santri dapat setoran secara maksimal. Evaluasi yang dilakukan di pondok pesantren Ar-Rahmat dilakukan setiap minggu dan setiap bulan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Optimalisasi; Pondok Pesantren; Program Tahfidzul Qur’an; Kualitas Santri;
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan
General Management > Organizations
General Management > Personnel Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Rika Chozini Nuralfiyuni
Date Deposited: 12 Nov 2021 07:14
Last Modified: 12 Nov 2021 07:14
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/46230

Actions (login required)

View Item View Item