Strategi penyiaran konten lokal pada program Sampurasun Pasundan di Radio Republik Indonesia (RRI) Bandung

Muliawati, Anggi (2020) Strategi penyiaran konten lokal pada program Sampurasun Pasundan di Radio Republik Indonesia (RRI) Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (178kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (242kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (348kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (82kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB) | Request a copy

Abstract

Budaya sunda yang sudah semakin ditinggalkan membuat masyarakat sunda sudah mulai kehilangan jati dirinya sebagai orang sunda. Banyaknya kebudayaan luar yang masuk membuat budaya sunda semakin ditinggalkan. Oleh sebab itu sangat penting peran media saat ini, yakni sebagai sarana edukasi untuk melestarikan dan menyosialisasikan budaya daerah. RRI Bandung menjadi salah satu media yang masih menyiarkan budaya lokal, yakni dengan adanya program Sampurasun Pasundan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi penyiaran konten lokal Sampurasun Pasundan pada media radio dengan mengetahui (1) penentuan segmenting program Sampurasun Pasundan, (2) penentuan targeting program Sampurasun Pasundan, (3) penentuan positioning program Sampurasun Pasundan. Teori yang digunakan pada penelitian ini yaitu teori Semiotika Pemasaran dari turunan semiotika komunikasi. Teori ini dikembangkan oleh Laura R. Oswald yang merupakan seorang antropolog lulusan New York University, yang membahas tentang tiga komponen penting, yaitu tanda (sign), strategi (strategies), dan nilai citra merek (brand value). Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif dan paradigma naturalistik. Subjek penelitian ini adalah kepala seksi programa IV, kepala seksi perencanaan dan evaluasi, kepala bidang layanan dan usaha serta pengarang acara. Penelitian ini berdasarkan data yang diperoleh dari observasi, wawancara, dokumen, jurnal dan pustaka. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa segmentasi program Sampurasun Pasundan masyarakat Jawa Barat di daerah pedesaan, baik pria maupun wanita dari usia 20-40 tahun di kalangan menengah ke bawah. Kemudian untuk target program Sampurasun Pasundan yakni untuk mensosialisasikan budaya sunda kepada masyarakat khususnya generasi muda. Sedangkan untuk posisi program Sampurasun Pasundan memiliki perbedaan yang menonjol, sehingga program tersebut menjadi ciri khas RRI sebagai radio budaya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Strategi penyiaran; Sampurasun Pasundan; program siaran Sunda
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Social Interaction, Interpersonal Relations > Content of Communication
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Anggi Muliawati
Date Deposited: 12 Nov 2021 07:17
Last Modified: 12 Nov 2021 07:17
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/46222

Actions (login required)

View Item View Item