Etos kerja komunitas Driver Online POC (Pos Orange Community) di masa pandemi Covid-19 : Kecamatan Telukjambe Timur Kabupaten Karawang

Ikrima, Fathia (2021) Etos kerja komunitas Driver Online POC (Pos Orange Community) di masa pandemi Covid-19 : Kecamatan Telukjambe Timur Kabupaten Karawang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarisi.pdf

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1.pdf

Download (237kB) | Preview
[img] Text
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB) | Request a copy
[img] Text
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (139kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (346kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (65kB) | Request a copy
[img] Text
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (177kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada fenomena yang terjadi terhadap semangat kerja yang dimiliki oleh komunitas driver online POC (Pos Orange Community) yang berada di wilayah Kecamatan Telukjambe Timur Kabupaten Karawang ketika dihadapkan dengan wabah pandemi yang tidak kunjung berakhir. Karena masyarakat saat ini sudah merasakan dampak dari adanya pandemi Covid-19, termasuk driver online yang penghasilannya di dapat dari jalanan sebagai tempat mereka bekerja. Tujuan dari penelitian ini yaitu guna mengetahui etos kerja yang dimiliki oleh komunitas driver online POC (Pos Orange Community) saat pandemi. Karena semangat bekerja merupakan modal utama keberhasilan seseorang dalam mencapai tujuan yang diinginkan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini merujuk pada teori pertukaran sosial Homans yang menyebutkan bahwa semakin tinggi nilai yang didapatkan oleh seseorang, maka semakin tinggi pula kemungkinan perbuatan tersebut diulanginya kembali. Teori ini menganalisis hubungan sosial yang di dalamnya terdapat cost dan reward serta saling mempengaruhi. Teori tersebut dijadikan sebagai kerangka berpikir dalam melihat fenomena yang terjadi di kehidupan komunitas driver online POC (Pos Orange Community) yang berada di Kecamatan Telukjambe Timur Kabupaten Karawang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode deskriptif dengan menggambarkan fenomena yang terjadi di lapangan serta menjelaskan apa saja informasi yang sudah informan berikan kepada peneliti. Adapun pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dengan menjabarkan isi informasi yang sudah di dapat kedalam bentuk narasi berdasarkan data wawancara secara virtual. Berdasarkan hasil penelitian bahwa komunitas driver online POC (Pos Orange Community) memiliki semangat kerja yang tetap optimal saat dihadapkan oleh pandemi Covid-19. Meskipun memang hasil yang mereka dapatkan tidak seperti sebelumnya. Sebelum Covid-19 menyerang, pendapatan mereka dapat dikatakan stabil, tetapi lain cerita saat ini dimana pendapatan mereka menurun drastis. Belum lagi, ada konsekuensi yang harus dilakukan yaitu membatasi dalam kesehariannya menjalankan pekerjaan sebagai driver agar kondisi kesehatan mereka tetap terjaga. Dengan bagitu, dapat dikatakan bahwa etos kerja yang dimiliki oleh setiap individu tidak selalu terpengaruh atau dipengaruhi oleh lingkungan sekitar, melainkan datang dari tiap-tiap individu itu sendiri yang memiliki semangat tinggi demi mencapai hasil yang sesuai.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Etos Kerja;Komunitas;Driver Online;Covid-19
Subjects: Social Groups
Social Groups > Occupational Groups
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Fathia Ikrima
Date Deposited: 12 Nov 2021 02:48
Last Modified: 12 Nov 2021 02:48
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/46218

Actions (login required)

View Item View Item