Hubungan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) dengan mutu layanan pendidikan: Penelitian di Madrasah Aliyah se-Kecamatan Cikarang

Ardiani, Kintan Budi (2021) Hubungan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) dengan mutu layanan pendidikan: Penelitian di Madrasah Aliyah se-Kecamatan Cikarang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (429kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (431kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (754kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (162kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (274kB) | Request a copy

Abstract

Bentuk reformasi yang diberikan pemerintah pusat bertujuan agar sekolah memiliki inovasi dan kreatifitas untuk mencapai tujuan pendidikan. Partisipasi masyarakat dan orang tua siswa mempengaruhi berhasil atau tidaknya sekolah dalam upaya mutu layanan pendidikan. Selain itu kebijakan dan kewanangan sekolah dituntut juga untuk menentukan tujuan pendidikan sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) pelaksanaan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) di MA se-Kecamatan Cikarang, (2) mengetahui mutu layanan pendidikan di MA se-Kecamatan Cikarang dan (3) menganalisis hubungan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) dengan mutu layanan pendidian di MA seKecamatan Cikarang. Penelitian ini, bersifat deskriptif dengan pendekatan kuantitaif serta jenis korelasi. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah dengan menyebar angket kuesioner. Menggunakan 88 responden orang tua siswa/ wali siswa. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji instrument (validitas dan reabilitas), uji analisis parsial perldikator, uji prasyarat (uji normolitas dan linieritas) dan uji korelasi. Berdasarkan hasil penelitian, bahwa Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) mempunyai korelasi dengan nilai signifikasi 0,000 < 0,05. Hasil perhitungan uji analisis koefisien korelasi (kontribusi) yang diperoleh yaitu 0,571. Terdapat pada tingkat sedang, karena termasuk dalam kategori 0,40-0,599. Jenis hubungan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) dengan mutu layanan pendidikan mengarah pada sifat positif dengan melihat angka pearsan correlation yaitu 0,755 dengan tidak mempunyai tanda (-) diangka tersebut, sehingga hubungan kedua variabel tersebut searah dan mempunyai arti bahwa semakin tunggi Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) maka semakin tinggi pula mutu layanan pendidikan. Diperoleh koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,571 bermakna bahwa kontribusi variabel Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) terhadap mutu layanan pendidikan adalah 57,1%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Berbasis Sekolah (MBS); Mutu Layanan Pendidikan
Subjects: Education > Organization of Education
General Management > Education, Research of Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Kintan Budi Ardiani
Date Deposited: 12 Nov 2021 01:56
Last Modified: 12 Nov 2021 01:56
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/46210

Actions (login required)

View Item View Item