Analisis dampak psikologis pembelajaran PAI berbasis online terhadap karakter peserta didik : Studi kasus di SMA Manbaul Huda

Destia, Deti (2021) Analisis dampak psikologis pembelajaran PAI berbasis online terhadap karakter peserta didik : Studi kasus di SMA Manbaul Huda. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (79kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
4_bab1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB) | Request a copy
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (332kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (138kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (48kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (52kB) | Request a copy

Abstract

Setiap proses seseorang dalam hidupnya pasti memiliki pengalaman yang berbeda-beda. Munculnya wabah Covid-19 menjadikan perubahan sistem dan proses pembelajaran di sekolah-sekolah. Hal ini mejadikan peserta didik mengalami perubahan tingkah laku sehingga terbentuknya karakter yang baru. Pembiasan tingkah laku dan karakter saat ini umumnya tidak jauh dari pergaulan lingkungan, apalagi di situasi pembelajara online yang diharuskan menggunakan handphone dan kouta internet. Psikologi ini merubahan ilmu yang bertujuan untuk mengetahui karakter peserta didik yang sedang melaksanakan pembelajaran PAI berbasis online khususnya peserta didik di SMA Manba’ul Huda Tanjungsari-Bogor. Tujuan dari penelitian ini: 1) Untuk mengetahui proses pembelajaran PAI saat diberlakuan pembelajaran online 2) Untuk mengetahui perubahan karakter perserta didik saat diberlakukan pembelajaran berbasis online 3) Tingkah laku peserta didik di rumah saat diberlakukan pembelajaran online 4) Hasil pembelajaran PAI peserta didik saat pembelajarn berbasis online. Penelitian ini menitik berat bahwa lingkungan khususna teknologi dan metode pembelajaran sangat berpengaruh terhadap pembentukan karakter dan hasil belajar yang didapatkan. Misalnya dengan keadaan pembelajaran yang mengharuskan berbasis online ini, peserta didik sangat perlu pengawasan orang tua dalam proses pembelajaran, sehingga selama proses pembelajaran berlangsung mereka mudah memahami dan mengerjakannya dengan baik. Penelitian ini menggunakan pendekatann kualitatif dengan metode studi kasus yang bertujuan agar dapat memperlajari penuh setiap perubahan tingkah lakunya. Teknik analisis yang digunakan yaitu data Milles dan Huberman meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Proses pembelajaran yang dilakukan oleh informan mayoritas tidak mengikuti aturan sekolah, mereka lalai melakukan absensi dan mengumpulkan tugas sekolah 2) Karakter yang terbentuk selama proses pembelajaran PAI online mereka menurun dari segi religious dan semangat bersaingnya 3) Karakter tersebut terbentuk karena adanya perubahan tingkah laku karena faktor penggunaan teknologi, meraka lebih sering menggunakan handphone untuk sosial media, seperi tiktok, Facebook, Instagram, dll 4) Hasil pembelajaran yang mereka sangat baik, mereka mendapatkan nilai PAI jauh di atas rata-rata, walaupun mereka merasa tidak faham dengan yang mereka pelajari selama proses pembelajaran PAI online.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Psikologi; Online; PAI; Karakter
Subjects: Special Computer Methods > Online Social Network
Differential and Developmental Psychology > Individual Psychology, Characters
Applied Psychology > Systems and Schools of Applied Psychology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Kependidikan Islam
Depositing User: Deti Destia
Date Deposited: 11 Nov 2021 08:25
Last Modified: 11 Nov 2021 08:25
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/46198

Actions (login required)

View Item View Item