Hubungan antara keterampilan bermain lompat tali dengan kecerdasan kinestetik anak : Penelitian di kelompok B RA Al-Wafi Panyileukan Bandung

Musyarrofah, Siti Meliani (2019) Hubungan antara keterampilan bermain lompat tali dengan kecerdasan kinestetik anak : Penelitian di kelompok B RA Al-Wafi Panyileukan Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_Cover.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftar isi.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab 1.pdf

Download (208kB) | Preview
[img] Text
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (318kB) | Request a copy
[img] Text
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (346kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (435kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB) | Request a copy
[img] Text
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (163kB) | Request a copy

Abstract

Hasil penelusuran di RA Al-Wafi menunjukan fenomena yang menarik untuk dikaji. Karena Penelitian ini dilatar belakangi oleh ketidak setabilan tubuh anak di RA Al-Wafi Panyileukan Bandung. Seperti pada kenyataan yang terjadi di lapangan anak masih kurang terampil dalam menggerakan tubuhnya, yang seharusnya kondisi tubuh anak dapat terorganisir dengan baik dan berkembang dengan optimal. Hal ini dikarenakan dalam kegiatan olah tubuh anak masih pada tahap kurang. Dapat dicontohkan dalam kegiatan olah tubuh bermain lompat tali, senam, bermain bola dan permainan-permainan lainnya anak masih terhitung kurang maksimal. Tujuan peneltian ini adalah untuk mengetahui 1) Keterampilan anak dalam bermain lompat tali di kelompok B RA Al-Wafi Panyileukan Bandung. 2) Kecerdasan kinestetik anak di kelompok B RA Al-Wafi Panyileukan Bandung. 3) Hubungan antara keterampilan bermain lompat tali dengan kecerdasan kinestetik anak di kelompok B RA Al-Wafi Panyileukan Bandung. Penelitian ini bertolak pada pemikiran bahwa kekuatan kerja otot-otot yang ada pada tubuh akan meningkat. Salah satunya yaitu dengan permainan lompat tali yang merupakan suatu permainan olah ketangkasan tubuh dan melibatkan psikomotor agar mencapai suatu keberhasilan dengan capaian-capaian yang melibatkan fisik. Selain itu permainan lompat tali dapat meningkatkan kekuatan dan kecepatan otot-otot tungkai, meningkatkan kelentukan dan keseimbangan tubuh, dan mengembangkan koordinasi mata, lengan dan kaki. Dikaitkan pembahasan kecerdasan kinestetik yang memiliki kemampuan inti yaitu sangat mengacu terhadap suatu kemampuan untuk mengendalikan gerak tubuh anak dengan kapasitas kemampuan yang tinggi dan keterampilan untuk menangani suatu benda dengan kapasitas kemampuan yang tinggi pula. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian korelasional. Dalam penelitian ini tidak menggunakan teknik sampling karena sampel ditentukan langsung yaitu kelas B3 RA Al-Wafi Panyileukan Bandung dengan jumlah 15 anak. Data penelitian ini diperoleh melalui penilaian dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Keterampilan bermain lompat tali pada anak kelas B RA Al-Wafi Panyileukan Bandung berada pada kategori sedang dengan angka 2,81 yang berada pada interval 2,60 – 3,39. Kecerdasan kinestetik anak kelas B RA Al-Wafi Panyileukan Bandung berada pada kategori sedang dengan angka 2,87 yang berada pada interval 2,60 – 3,39. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan yang signifikan anatara keterampilan bermain lompat tali dengan kecerdasan kinestetik anak di kelas B3 RA Al-Wafi Panyileukan Bandung. Dan hubungan tersebut sangat kuat. Hal Ini ditunjukkan oleh harga koefisien korelasi sebesar 0,83 yang berada pada interval 0,800-1.000 dengan hasil hipotesis sebesar 5,36.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Bermain Lompat Tali; Kecerdasan Kinestetik; Anak
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Siti Meliani Musyarrofah Gunawan
Date Deposited: 10 Aug 2022 08:12
Last Modified: 10 Aug 2022 08:12
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/46186

Actions (login required)

View Item View Item