Tinjauan Siyasah Dusturiyah terhadap keputusan Presiden Republik Indonesia nomor 11 tahun 2020 tentang penetapan kedaruratan kesehatan masyarakat pada masa pandemi Covid- 19

Aldani, Abin Rifa (2021) Tinjauan Siyasah Dusturiyah terhadap keputusan Presiden Republik Indonesia nomor 11 tahun 2020 tentang penetapan kedaruratan kesehatan masyarakat pada masa pandemi Covid- 19. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftarisi.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf

Download (431kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (707kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (582kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_Bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (417kB) | Request a copy

Abstract

Keputusan Presiden Nomor 11 Tahun 2020 tentang Kedaruratan Kesehatan Masyarakat pada Masa Pandemi Covid-19 lahir karena adanya virus covid-19. Kemudian Keputusan Presiden ini berdampak terhadap aspek politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan dan kearnanan, kesejahteraaa masyarakat di Indonesia, dan aturan perundang-undangan yang secara hieraki berada dibawahnya. Dengan demikian, Keputusan Presiden ini menarik untuk diteliti. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan landasan konstitusi dalam sistem ketatanegaraan Indonesia tentang penetapan Keputusan Presiden Nomor 11 Tahun 2020 tentang Kedaruratan Kesehatan Masyarakat Pada Masa Pandemi Covid-19, mendeskripsikan pelaksanaanya, dan menganalisis bagaimana tinjauan siyasah dusturiyah terhadap landasan konstitusi dalam sistem ketatanegaraan Indonesia dan pelaksanaannya. Kerangka pemikiran penelitian ini adalah menggunakan teori kedaruratan Wahbah Zuhaili yang menyatakan bahwa darurat merupakan sebuah kondisi yang dikhawatirkan akan menimbulkan bahaya terhadap jiwa, harta dan lainnya sehingga dibolehkan untuk meninggalkan yang diwajibkan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif, serta menggunakan pendekatan yuridis normatif-empiris. Kemudian sumber data yang digunakan adalah sumber data primer di dukung dengan sumber data sekunder dan tersier. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan kepustakaan. Teknik analis data menggunakan teknik analisis isi (content analysis). Hasil penelitian aldalah pertama, konsep kedarurtan dalam Konstitusi Negara Republik Indonesia terdapat dalam pasal 12 Undang-Undang Negara Republik Indonesia Tahun 1945, kemudian dalam Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan. Kedua, pelaksanaan Keputusan Presiden ini dilaksankan dengan beberapa kebijakan pelaksanaan berupa lahirnya Peraturan Pembatasan Sosial Berskala Besar, Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat, dan berdampak terhadap aspek sosial, ekonomi, politik, budaya dan kesejahteraan masyarakat. Ketiga, analisis siyasah dusturiyah terhadap Keputusan dan pelaksanaannya merupakan kondisi yang membolehkan melakukan sesuatu yang hukum asalnya adalah tidak boleh menjadi boleh dilakukan dalam keadaan darurat saja.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pandemi; Keputusan Presiden; Kedaruratan; Siyasah Dusturiyah.
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Hukum Ketatanegaraan dan Politik Islam (Siyasah)
Depositing User: Abin Rifa Aldani
Date Deposited: 12 Nov 2021 06:00
Last Modified: 12 Nov 2021 06:00
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/46175

Actions (login required)

View Item View Item