Pencegahan dan penanganan kesurupan dalam perspektif hadis: Studi hadis-hadis tematik dalam pencegahan dan penanganan kesurupan

Shiddieq, Ilham (2021) Pencegahan dan penanganan kesurupan dalam perspektif hadis: Studi hadis-hadis tematik dalam pencegahan dan penanganan kesurupan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (221kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (334kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (387kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (278kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (145kB) | Request a copy

Abstract

Pencegahan dan penanganan kesurupan yang dilakukan oleh masyarakat di satu sisi dapat dlihat bahwa masyarakat memiliki pengetahuan tentang bagaimana pecegahan dan penangganan kesurupan sedangkan di sisi lain masyarakat hanya melakukan pencegahan dan penangganan kesurupan dengan apa yang mereka percaya bahwa hal tersebut bisa memberikan pencegahan dan penangganan kerusupan. Apakah pengetahuan yang dimiliki oleh masyarakat tentang pencegahan dan penangganan kesurupan berdasarkan al-Qur’an dan hadis? Penelitian ini bertujuan untuk membahas tentang bagaimana cara pencegahan dan penangganan kesurupan dalam perspektif hadis. Penelitian ini berangkat dari pemikiran tentang kejadian kesurupan yang sering terjadi sehingga diputuskan untuk membahas tentang cara mencegah dan menangani kesurupan berdasarkan al-Qur’an dan hadis. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kepustakaan (library research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui buku-buku, artikel, jurnal, dan internet yang berkaitan dengan pembahasan penelitian ini. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan menggunakan metode maudhu’I yang kemudian dilakukan metode takhrij dan metode syarah hadis serta menggunakan analisis-deskriptif. Hasil dan pembahasan penelitian yang dapat ditemukan tentang pencegahan kesurupan dalam perspektif, yaitu : 1) Senantiasa mengucapkan nama Allah Subhanahu wa ta'ala dalam segala kegiatannya, 2) Membaca al-Qur’an ketika selesai shalat atau ketika memiliki waktu luang dan ketika sedang dirumah, 3) Selalu berdzikir kepada Allah Subhanahu wa ta'ala, 4) Tidak melakukan perbuatan yang berlebihan dalam urusan makan, minum, berbicara dan bergaul. Sedangkan dalam melakukan penanganan kesurupan dapat dilakukan dengan cara : 1) Ketika menangani kesurupan harus memiliki niat karena Allah Subhanahu wa ta'ala; 2) Membaca doa-doa dan ayat-ayat al-Qur’an yang dikhususkan sebagai penangganan dalam kesurupan. 3) Menangani kesurupan bisa juga dilakukan dengan cara sentuhan, mengusap, dan meniupkan dengan disertai membaca doa-doa dan ayat-ayat al-Qur’an. 4) Dalam menanggani kesurupan bisa dilakukan dengan menggunakan air yang sudah dibacakan doa-doa atau ayat-ayat al-Qur’an dengan cara mengusapkan ke muka atau ke kepala orang yang sedang mengalami kesurupan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kesurupan; Jin; Ruqyah; Hadis; Syarah Hadis
Subjects: Al-Hadits dan yang Berkaitan > Ilmu Hadits
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Ilmu Hadits
Depositing User: Ilham Shiddieq
Date Deposited: 11 Nov 2021 03:05
Last Modified: 11 Nov 2021 06:19
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/46162

Actions (login required)

View Item View Item