Implementasi Peraturan Daerah No. 3 tahun 2019 tentang pengelolaan barang milik daerah : Studi kasus pengelolaan dan penggunaan kendaraan dinas di lingkungan sekretariat daerah Jawa Barat

Hudiya, Nuraini (2020) Implementasi Peraturan Daerah No. 3 tahun 2019 tentang pengelolaan barang milik daerah : Studi kasus pengelolaan dan penggunaan kendaraan dinas di lingkungan sekretariat daerah Jawa Barat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (447kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (735kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (414kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (968kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (165kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (140kB) | Request a copy

Abstract

Hakikatnya kendaraan dinas digunakan sesuai jangka waktu yang telah ditetapkan sebelumnya di surat pernyataan pertanggung jawaban atas kendaraan dinas tersebut. Yang kemudian jika jangka waktunya habis akan dikembalikan pada dinas itu kembali. Di lingkungan sekretariat daerah sempat terjadi kasus kehilangan kendaraan dinas, dimana kendaraan tersebut pernah digunakan oleh salah satu pejabat di pemerintah daerah provinsi Jawa Barat dan dicuri oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Perawatan dan hal lain yang diberikan negara untuk kendaraan tersebut diharapkan kendaraan tersebut dikembalikan dengan keadaan yang baik pula. Namun, pada kenyataannya beberapa kendaraan dinas yang dikembalikan mengalami beberapa masalah hingga mengalami kerusakan berat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komunikasi dalam peraturan pengelolaan kendaraan dinas, sumberdaya yang melaksanakan peraturan pengelolaan kendaraan dinas, disposisi dari mengimplementasikan peraturan pengelolaan kendaraan dinas dan struktur birokrasi dalam mengimplementasikan peraturan pengelolaan kendaraan dinas di lingkungan Sekretariat Daerah Jawa Barat. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori implementasi kebijakan dari Edward III yang melihat keberhasilan kinerja implementasi kebijakan dari 4 (empat) dimensi, yaitu: (1) Komunikasi, (2) Sumber daya, (3) Disposisi, (4) Struktur Birokrasi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, yang dilakukan untuk meneliti kondisi objek yang alamiah sehingga mendapatkan data yang mendalam dan mengandung makna yaitu data yang sebenarnya sehingga memperoleh gambaran secara utuh. Dalam hal ini menggambarkan mengenai implementasi Peraturan Daerah No. 3 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Barang Milik Daerah (Studi Kasus: Pengelolaan dan Penggunaan Kendaraan Dinas) di Lingkungan Sekretariat Daerah Jawa Barat. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa implementasi peraturan pengelolaan barang milik daerah sudah terlaksana tetapi belum optimal. Hal ini dapat dilihat dari dua dimensi yang belum terlaksana dengan optimal, yaitu: (1) Komunikasi belum berjalan dengan baik dikarenakan kurangnya komunikasi antara pihak pengelola dan pengguna kendaraan dinas dalam kelenglapan administrasi mutasi barang saat pemindahan tempat kerja. (2) Sumberdaya Dalam dimensi ini terdapat beberapa kendala seperti kelupaan dalam penggantian oli, pembayaran pajak, kehilangan unit kendaraan dinas dan biaya pemeliharaan yang melebihi batas standar yang membuat dimensi sumberdaya belum berjalan dengan optimal. Sedangkan, pelaksanaan aturan tersebut dilihat dari kedua dimensi lainnya, yaitu: (1) Disposisi, (2) Struktur Organisasi sudah terlaksana dengan baik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan;Penggunaan;Kendaraan
Subjects: Political dan Government Science
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Nuraini Hudiya
Date Deposited: 11 Nov 2021 02:00
Last Modified: 11 Nov 2021 02:00
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/46126

Actions (login required)

View Item View Item