Pemberdayaan ekonomi masyarakat berbasis Koperasi Serba Usaha : Studi deskriptif di Koperasi Serba Usaha Abadi Jaya Gempol Sari Subang

Ardianti, Siti Rahma (2021) Pemberdayaan ekonomi masyarakat berbasis Koperasi Serba Usaha : Studi deskriptif di Koperasi Serba Usaha Abadi Jaya Gempol Sari Subang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB 1.pdf

Download (538kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (376kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (440kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (317kB) | Request a copy

Abstract

Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat adalah aspek yang mesti diupayakan dan terus dilakukan oleh pemerintah untuk memberantas kemiskinan di Indonesia. Pemberdayaan ekonomi masyarakat juga dilakukan oleh koperasi karena koperasi merupakan organisasi ekonomi yang dijalankan anggota yang merupakan bagian dari masyarakat berdasarkan prinsip ekonomi masyarakat. Koperasi ada beraneka ragam jenis salah satunya Koperasi Serba Usaha ialah koperasi yang kegiatan usahanya di berbagai bidang ekonomi yang tidak hanya berfungsi pada satu bidang usaha yakni usaha gabungan seperti produksi, simpan pinjam, konsumsi dan pelayanan jasa. Koperasi Serba Usaha Abadi Jaya merupakan koperasi serba usaha yang menyediakan berbagai kebutuhan masyarakat yang hadir karena keresahan warga untuk mendapatkan modal, bahan-bahan pertanian juga bahan pokok untuk keseharian yang cukup sulit, maka lahirlah Koperasi Serba Usaha Abadi Jaya, jika toko hanya menguntungkan sebelah pihak, maka akhirnya dibentuklah koperasi yang mana tidak hanya Pertokoan saja akan tetapi terdapat pula Simpan Pinjam, Payment Point, serta pelayanan jasa. Dalam hal permodalan Koperasi Serba Usaha Abadi Jaya berdiri sendiri tanpa bantuan pemerintah setempat samasekali. Metodologi yang dipergunakan dalam penelitian adalah metodologi penelitian kualitatif deskriptif dengan mengambil teori pemberdayaan masyarakat, teori ekonomi dan teori koperasi. Peneliti melakukan wawancara kepada pengurus Koperasi Serba Usaha Abadi Jaya, anggota yang terlibat dalam transaksi belanja di Koperasi, selain itu peneliti memperoleh data dari bahan-bahan tertulis seperti : laporan Tahunan Koperasi 2014 dan Daftar Anggota Koperasi Serba Usaha Abadi Jaya. Dalam penelitian ini peneliti melakukan langkah-langkah penelitian seperti lokasi penelitian yang diambil di Subang. Tujuan penelitain ini untuk mengetahui bagaimana proses pemberdayaan ekonomi anggota yang dilakukan Koperasi Serba Usaha Abadi Jaya dan mengetahui apa saja yang menjadi faktor penghambatnya. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Koperasi Serba Usaha Abadi Jaya cukup membantu ekonomi anggota dengan adanya kegiatan-kegiatan yang bisa membantu memenuhi meskipun tidak sepenuhnya, akan tetapi kegiatan-kegiatan tersebut terkendala oleh faktor-faktor yang menghambatnya membuat kegiatan atau program yang sedang berjalan kurang efektif dan efisien.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan; Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat; Koperasi
Subjects: Production, Industrial Economics > Economic Development and Growth
Production, Industrial Economics > International Economic Development In Indonesia
Administration of Economy
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Siti Rahma Ardianti
Date Deposited: 08 Nov 2021 03:32
Last Modified: 08 Nov 2021 03:32
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/46049

Actions (login required)

View Item View Item