Analisis pengaruh kinerja keuangan terhadap Penerapan Standar Akuntansi Keuangan Syariah PSAK 101 tentang penyajian laporan keuangan syariah pada PT BNI Syariah

Arifin, Lutfiyah (2021) Analisis pengaruh kinerja keuangan terhadap Penerapan Standar Akuntansi Keuangan Syariah PSAK 101 tentang penyajian laporan keuangan syariah pada PT BNI Syariah. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (204kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (441kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (278kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (494kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (86kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (228kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh salah satu teori Antonio Syafii yang menyatakan kinerja keuangan berbanding lurus dengan penyajian laporan keuangan yang sesuai dengan Standar Akuntansi Keuangan. Sedangkan beberapa entitas syariah yang kinerja keuangannya kurang maksimal dan belum menyajikan laporan keuangannya sesuai dengan Standar Akuntansi Keuangan Syariah pada PSAK 101 Tentang Penyajian Laporan Keuangan Syariah. Serta pengalaman empiris peneliti yang tidak diperbolehkan mengakses laporan keuangan ketika Praktik Profesi Akuntansi Syariah di PT BNI Syariah Kantor Wilayah Jawa Barat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Untuk mengetahui kinerja keuangan pada PT. BNI Syariah dengan menggunakan indicator SCnP Model.Untuk mengetahui penerapan Standar Akuntansi Keuangan Syariah PSAK 101 dalam laporan keuangan syariah PT BNI Syariah. Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh antara kinerja keuangan di PT. BNI Syariah terhadap penerapan PSAK 101 Tantang Penyajian Laporan Keuangan Syariah. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif kuantitatif. Alat uji statistik yang digunakan adalah dengan analisis regresi, analisis korelasi, analisis koefisien determinasi, serta pengujian hipotesis menggunakan analisis uji t . Adapun variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kinerja keuangan, sedangkan penerapan Standar Akuntansi Keuangan Syariah PSAK 101 Tentang Penyajian Laporan Keuangan Syariah sebagai variabel dependen. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data laporan keuangan publikasi Triwulan PT BNI Syariah Periode 2016–2020. Hasil penelitian ini adalah kinerja keuangan PT BNI Syariah berada pada posisi Upper Left Quadran dengan kesesuaian Syariah yang sedang dan profitabilitas tinggi. PT BNI Syariah telah menerapkan PSAK 101 dalam laporan keuangannya. Terdapat pengaruh signifikan antara kinerja keuangan dengan penerapan Standar Akuntansi Keuangan PSAK 101 tentang penyajian laporan keuangan dengan hasil analisis regresi linier sederhana sebesar Y = a + bX = 30,853 + 0,561X. Uji normalitas nilai signifikan Asymp. Sig (2-tailed) 0.200>0.05. Uji autokorelasi Durbin-Watson adalah 7.27.Analisis korelasi kinerja keuangan dengan penerapan PSAK 101 yaitu sebesar 0,727 kategori “kuat” dan menunjukkan hubungan yang positif dan signifikan. Hubungan yang positif dan signifikan menunjukkan bahwa jika nilai kinerja keuangan meningkat maka tingkat kepatuhan dalam penerapan PSAK 101 juga meningkat. Uji t diperoleh perbandingan nilai thitung dan ttabel (6,086 > 1, 69236) maka dapat dirumuskan secara parsial kinerja keuangan berpengaruh positif siginifikan terhadap penerapan PSAK 101.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kinerja keuangan; Standar Akuntansi Keuangan; PSAK 101
Subjects: Accounting
Accounting > Analitycal Accounting, Financial Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Akuntansi Syariah
Depositing User: Lutfiyah Arifin
Date Deposited: 05 Nov 2021 07:04
Last Modified: 05 Nov 2021 07:04
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/46037

Actions (login required)

View Item View Item