Konsep pendidikan Islam dalam keluarga menurut Syeikh Muhammad Syakir Al Iskandari dalam kitab Washoya Al-Abaa Lil Abnaa : Studi telaah pemikiran Syeikh Muhammad Syakir Al-Iskandari

Munawar, Hillmi Shihab (2021) Konsep pendidikan Islam dalam keluarga menurut Syeikh Muhammad Syakir Al Iskandari dalam kitab Washoya Al-Abaa Lil Abnaa : Studi telaah pemikiran Syeikh Muhammad Syakir Al-Iskandari. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (454kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstark.pdf

Download (486kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (473kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (849kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (846kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (750kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (626kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (554kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pedoman konsep pendidikan Islam dalam keluarga. Banyak kitab-kitab klasik yang membahas mengenai pendidikan Islam secara umum namun tidak membahas pendidikan dalam keluarga. Sementara itu konsep pendidikan Islam dalam keluarga dibahas oleh Syeikh Muhammad Syakir Al-Iskandari, seorang ulama asal Mesir dalam karya beliau, yakni kitab Washoya Al-Abaa Lil Abnaa. Kitab tersebut merupakan salah satu kitab klasik, isi dari kitab tersebut membahas tentang tujuan materi dan metode pendidikan Islam dalam keluarga dan sebagai panduan pelajaran dasar dalam membentuk akhlak mulia yang diridhai oleh Allah SWT. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Pengertian pendidikan Islam dalam keluarga, 2) Tujuan pendidikan Islam dalam keluarga, 3) Materi pendidikan Islam dalam keluarga, 4) Metode pendidikan Islam dalam keluarga, 5) Evaluasi pendidikan Islam dalam keluarga menurut Syeikh Muhammad Syakir Al-Iskandari dalam kitab Washoya Al-Abaa Lil Abnaa. Penelitian ini berpendekatan kualitatif yang menggunakan pendekatan biografi naratif dengan metode penelitan menggunakan metode analilis deskriptif dan jenis penelitian kepustakaan (library research). Sumber data pada penelitian ini adalah data tertulis yaitu data primer dan data sekunder yakni kitab Washya Al-Abaa Lil Abnaa dan kitab-kitab yang. Analisis data menguunakan analisi konten. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Pengertian pendidikan Islam dalam keluarga adalah usaha orang tua dalam mendidik seorang anak mengajarkan akhlak terlebih dahulu, baik akhlak terhadap orang tua, guru maupun akhlak terhadap teman. Pendidikan Islam ditentukan oleh adanya dasar ajaran Islam yang bersumberkan kedua kitab (Al-Quran dan Sunnah). 2) Tujuan pendidikan Islam dalam kitab tersebut ada beberapa tujuan yang diharapkan agar seorang anak bisa berperilaku dengan aqidah dan akhlak yang mulia, diantaranya: bertaqwa kepada Allah SWT, mencintai Allah dan Rasul-Nya, taat terhadap kedua orang tua, menghormati guru, membantu sesama dan ikhlas dalam segala perbuatan. 3) Materi pendidikan Islam yang ada dalam kitab ini yakni materi aqidah, ibadah dan akhlak. 4) Metode pendidikan Islam dalam kitab tersebut yaitu: metode nasehat, dialog, kisah dan keteladanan. 5) Evalusi pendidikan Islam dalam kitab ini bahwa dalam proses pendidikan kelak akan dipertanyakan sejauh mana keberhasilan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Islam; Keluarga; Washoya Al-Abaa Lil Abnaa
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Hilmi Shihab Munawar
Date Deposited: 11 Nov 2021 01:51
Last Modified: 11 Nov 2021 01:51
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/46024

Actions (login required)

View Item View Item