Hubungan antara penerapan sistem informasi manajemen pendidikan berbasis Website dan peningkatan pelayanan Madrasah pada orang tua siswa: Penelitian pada Madrasah Aliyah Negeri se-Kabupaten Bandung

Amallya, Mia Nurul (2021) Hubungan antara penerapan sistem informasi manajemen pendidikan berbasis Website dan peningkatan pelayanan Madrasah pada orang tua siswa: Penelitian pada Madrasah Aliyah Negeri se-Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_bab1.pdf

Download (310kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (256kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (300kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (116kB) | Request a copy

Abstract

Teknologi memiliki peranan penting sebagai media komunikasi serta informasi di dalam bidang pendidikan. Salah satu nya pelayanan akademik yang dimiliki oleh madrasah, tentunya harus memiliki citra baik di masyarakat. Bentuk teknologi yang digunakan di madrasah yaitu sistem informasi manajemen pendidikan berbasis website. Penggunaan teknologi pada pelayanan di madrasah di lakukan untuk mempermudah akses komunikasi terhadap peserta didik, orang tua/wali, dinas-dinas terkait maupun masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Sistem informasi manajemen Pendidikan berbasis website; 2) Peningkatan pelayanan madrasah pada orang tua siswa; 3) Hubungan antara penerapan sistem informasi manajemen Pendidikan berbasis website dan peningkatan pelayanan madrasah pada orang tua siswa Madrasah Aliyah Negeri di Kabupaten Bandung. Penelitian ini bersifat deskriptif, pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis korelasi. Teknik pengambilan data dilakukan dengan menggunakan angket kuisioner. Kemudian setelah data terkumpul Teknik analisis data yang digunakan adalah uji instrument (validasi dan reabilitas), uji analisis parsial perindikator, uji prasyarat (uji normalitas dan linieritas), dan uji korelasi. Berdasarkan hasil penelitian menyatakan bahwa penerapan system informasi manajemen Pendidikan berbasis website mempunyai hubungan yang signifikan terhadap peningkatan pelayanan madrasah pada orang tua siswa di Madrasah Aliyah Negeri se-Kabupaten Bandung dengan nilai signifikasi 0,000. Maka artinya 0,000 < 0,05 yang menyatakan bahwa terdapat hubungan atau korelasi antara penerapan system informasi manajemen Pendidikan berbasis website dengan peningkatan pelayanan madrasah pada orang tua siswa. Kemudian diperoleh hasil koefisien korelasi sebesar 0,817. Nilai tersebut termasuk pada interval antara 0,80 – 1,00 yang dikategorikan sebagai korelasi “sangat kuat”. Adapun jenis hubungan kedua variabel berdasarkan data di atas, yaitu mengarah pada sifat posisif karena angka person correlation yang bernilai 0,817 tidak memiliki tanda Negativ (-). Hal tersebut menunjukan arti bahwa semakin tinggi/baik sistem informasi manejemen Pendidikan berbasis website maka akan semakin tinggi/baik pula pelayanan madrasah pada orang tua siswa. Selanjutnya diperoleh koefisien determinasi (R square) sebesar 0,668 yang dapat disimpulkan bahwa kontribusi variable penerapan system informasi manajemen Pendidikan berbasis website terhadap peningkatan pelayanan madrasah pada orang tua siswa adalah sebesar 66,8%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Sistem Informasi Manajemen; Website; Pelayanan
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Administration of Economy > Administration of Communications
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mia Nurul Amallya
Date Deposited: 04 Nov 2021 09:06
Last Modified: 04 Nov 2021 09:06
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/46014

Actions (login required)

View Item View Item