Pemberdayaan UMKM melalui program binaan Rumah Kreatif BUMN: studi deskriptif di Rumah Kreatif BUMN BRI Bandung

Nurhaliza, Nuri (2021) Pemberdayaan UMKM melalui program binaan Rumah Kreatif BUMN: studi deskriptif di Rumah Kreatif BUMN BRI Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_bab 1.pdf

Download (271kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (305kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (751kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (76kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_ Daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (81kB) | Request a copy

Abstract

UMKM adalah kegiatan usaha yang didirikan oleh perseorangan atau badan usaha yang memiliki peran penting bagi Negara Indonesia, yaitu memberikan kontribusi terhadap Negara sebesar 61,9% pada tahun 2018. Selain itu, hadirnya UMKM mampu menjawab permasalahan kemiskinan melalui kerja sebesar 96% pada tahun 2018. Perkembangan UMKM yang sangat pesat terjadi di Kota Semarang dengan jumlah lebih dari 14.000 UMKM yang terdaftar. Namun, dengan jumlah UMKM yang ada di Kota Semarang, banyak pula permasalahan yang dialami UMKM Kota Semarang seperti hal nya, kesulitan modal, kurang mengertinya mnajemen bisnis dan penggunaan teknologi, kesulitan pemasaran dan permasalahan lainnya. oleh karena itu, hadirlah Rumah Kreatif BUMN yang didirikan oleh Bank BRI Bandung. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana program RKB menciptakan iklim yang mendukung potensi UMKM untuk berkembang? Bagaimana program RKB menumbuhkembangkan kemampuan dan kepercayaan diri UMKM yang menunjang kemandirian dalam memecahkan masalah? Bagaimana program RKB mengarahkan anggota UMKM dalam menghindari persaingan yang tidak seimbang? Bagaimana RKB dalam membimbing dan mendukung anggota UMKM melalui program Go Modern, Go Digital, Go Online dan Go Global? Bagaimana RKB memelihara kondisi yang kondusif dan seimbang antar anggota UMKM? Jenis penelitian ini adalah kualitatif studi kasus dengan data yang digunakan peneliti adalah data primer dan data sekunder. Penelitian ini menekankan melalui metode wawancara, observasi, dan pengumpulan dokumen baik dari informan maupun melalui data yang diperoleh dari Rumah Kreatif BUMN Bank BRI Bandung. Dari pemberdayaa melaui program pembinaan Rumah Kreatif BUMN Bank BRI Bandung usaha peserta memiliki potensi untuk berkembang. Dengan mengikuti pembinaan Rumah Kreatif BUMN Bank BRI Bandung, usaha peserta atau pelaku UMKM mengalami perkembangan yang signifikan baik dari kemampuan, penambahan asset dalam meningkatkan produktivitas dan pemasaran.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pembinaan UMKM; Pelatihan UMKM; Bantuan Modal; Pemasaran
Subjects: General Management > Research and Development Management (R and D)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Nuri Nurhaliza
Date Deposited: 04 Nov 2021 08:54
Last Modified: 04 Nov 2021 08:54
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/46013

Actions (login required)

View Item View Item