Pengaruh Job Insecurity terhadap Turnover Intention dengan Job Satisfaction sebagai variabel mediasi : Studi pada rumah sakit ibu dan anak Al-Islam Cicadas Bandung

Zein, Sarah Fadilah (2021) Pengaruh Job Insecurity terhadap Turnover Intention dengan Job Satisfaction sebagai variabel mediasi : Studi pada rumah sakit ibu dan anak Al-Islam Cicadas Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DADFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (242kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (156kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (283kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (921kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (30kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (164kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dibuat berdasarkan permasalahan yang ada di dalam ruang lingkup karyawan perusahaan mengenai Turnover Intention dimana factor utama yang mendorong hal tersebut diantaranya Job Insecurity, Trust dan Job Satisfaction. Meningkatnya turnover menyebabkan kerugiaan bagi perusahaan baik dari segi waktu dan biaya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahi pengaruh Job Insecurity terhadap Turnover Intention melalui Job Satisfaction sebagai variabel intervening. Pengambilan sampel sebanyak 74 orang karyawan yang diambil berdasarkan rumus slovin dengan menggunakan teknik random sampling dengan menggunakan analisis pengolahan data analisis deskriptif, uji validitas, uji relabilitas, uji hipotesis dengan menggunakan metode causal step (Barin & Kenny) dan uji sobel untuk menguji kekuatan peran mediasi dalam penelitian ini. Hasil dari penelitian ini adalah Job Insecurity berpengaruh positif terhadap Turnover Intention, hal tersebut ditunjukkan dari hasil thitung 22,76 > ttabel 1,99346 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Hasil uji hipotesis ke 2 menunjukan nilai thitung 21,092 > ttabel 1,99346 dengan signifikansi 0,000 < 0,05 yang artinya data tersebut menunjukan bahwa Job Insecurity berperan positif terhadap Job Satisfaction. Hasil hipotesis 3 menunjukkan nilai thitung 22,645 > ttabel 1,99346 dengan signifikansi 0,000 < 0,05 yang artinya data tersebut menunjukan bahwa Job Satisfaction berpengaruh positif terhadap Turnover Intention. Untuk hipotesis yang terakhir atau hopotesis ke 4 menunjukan nilai Fhit > Ftab (360,350 > 3,13) dengan nilai signifikansi < 0,05 (0,000 < 0,05), dari hasil pengujian variabel mediasi menunjukkan bahwa nilai koefisien regresi variabel Job Insecurity terhadap Turnover Intention berkurang setelah dilakukan uji pengaruh tidak langsung menggunakan variabel Job Satisfaction, nilai signifikansi setelah diuji mediasi memiliki nilai yang tetap yaitu 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa pengaruh mediasi menghasilkan partial mediation (mediasi Sebagian).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Job Insecurity ; Job Satisfaction ; Turnover Intention
Subjects: General Management
General Management > Organizations
General Management > Personnel Management
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen
Depositing User: Sarah Fadilah Zein
Date Deposited: 05 Nov 2021 02:47
Last Modified: 05 Nov 2021 02:47
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/46000

Actions (login required)

View Item View Item