Penerapan model Flipped Classroom berbasis animaker untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi usaha dan energi

Hidayatulloh, Moh Risam (2021) Penerapan model Flipped Classroom berbasis animaker untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi usaha dan energi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (219kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (410kB) | Request a copy

Abstract

Keterampilan berpikir kritis merupakan salah satu keterampilan yang harus ditingkatkan oleh peserta didik. Selain itu, perkembangan teknologi yang berkembang secara pesat menjadi peluang yang dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran. Model flipped classroom berbasis animaker menjadi salah satu alternatif untuk meningkatkan keterampilan tersebut. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui kelayakan media animaker, keterlaksanaan model flipped classroom, dan peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Metode yang digunakan yaitu pre experiment dengan one group pretest posttest design. Analisis data dilakukan dengan menghitung persentase lembar observasi keterlaksanaan serta persentase nilai LKPD, lembar validasi, N-gain, dan uji paired sampel t-test. Sampel pada penelitian ini yaitu peserta didik kelas X MIA MA Al-Fadlliyah yang berjumlah 19 orang. Hasil penelitian menunjukkan kelayakan animaker sebesar 91,8% kategori sangat layak, keterlaksanaan aktivitas guru sebesar 92% kategori sangat baik, keterlaksanaan aktivitas peserta didik sebesar 89% kategori sangat baik, keterlaksanaan berdasarakan persentase LKPD sebesar 76% kategori baik, serta peningkatan ketrampilan berpikir kritis peserta didik masuk pada kategori sedang dengan nilai N-gain sebesar 0,70%. Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji-t dengan α = 0,05 memperoleh nilai thitung 26,34 dan ttabel 2,10092 (thitung > ttabel) maka, terdapat peningkatan keterampilan berpikir kritis setelah diberikan perlakuan dengan model flipped classroom berbasis animaker pada materi usaha dan energi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model pembelkajaran flipped classroom; media pembelajaran animaker; kemampuan berpikir kritis; materi usaha dan energi
Subjects: Education
Education > Research and Statistical Methods
Physics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Moh Risam Hidayatulloh
Date Deposited: 04 Nov 2021 08:00
Last Modified: 04 Nov 2021 08:00
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/45996

Actions (login required)

View Item View Item