Strategi Literasi untuk Meningkatkan Literasi Fisika Siswa MTs pada Pembelajaran Sub Materi Pokok Tekanan

Lulu Nurwalidah, Lulu (2014) Strategi Literasi untuk Meningkatkan Literasi Fisika Siswa MTs pada Pembelajaran Sub Materi Pokok Tekanan. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
1_abstrak.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
2_daftarisi.pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
3_bab1.pdf

Download (622kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
4_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (670kB)
[img] Text (BAB III)
5_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
6_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
7_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (220kB)

Abstract

Berdasarkan hasil survey pada siswa MTs Al-I’anah Kosambi, Kab Karawang, bahwa literasi fisika siswa masih rendah. Rendahnya pemahaman membaca siswa berdampak pada rendahnya scientific concept dan scientific inquiry. Padahal siswa yang memiliki kemampuan literasi akan memiliki kemampuan mengidentifikasi masalah, menggunakan fakta ilmiah, memahami sistem kehidupan sehingga siswa dapat mempelajari IPA khususnya fisika secara utuh. Salah satu alternatif yang digunakan untuk meningkatkan literasi fisika siswa adalah srategi literasi. Strategi ini merupakan pembelajaran yang menggunakan kemampuan siswa untuk membaca fenomena berdasarkan konsep fisika, sehingga siswa bukan hanya berperan sebagai penerima pelajaran melalui penjelasan guru secara verbal, tetapi siswa berperan untuk meningkatkan literasi fisika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan strategi literasi untuk peningkatan literasi fisika siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pre-eksperimental dengan desain penelitian one group pretest posttest. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII-C. Literasi fisika dalam penelitian ini terdiri dari empat dan terdiri dari 8 subpokok keterampilan dalam pengetahuan dan konteks yang diperoleh melalui hasil pretest dan posttest dengan menggunakan soal uraian yang berjumlah 8 soal. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini antara lain: 1) keterlaksanaan strategi literasi berkategori sangat baik dengan rata-rata keterlaksanaan 97,83. 2) literasi fisika siswa mengalami peningkatan, hal ini ditunjukkan pada hasil uji “Wilcoxon Match Pairs Test” dengan taraf signifikasi 0,05 diperoleh hasil Zhitung (5,15) > Ztabel (1,65). Besarnya peningkatan literasi fisika dapat dilihat dari rata-rata N-Gain sebesar 0,80 berkategori tinggi. Dengan demikian, strategi literasi dapat dijadikan salah satu alternatif pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan literasi fisika siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: strategi literasi, literasi fisika, tekanan
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 3781 not found.
Date Deposited: 02 Nov 2017 09:05
Last Modified: 02 Nov 2017 09:05
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/4599

Actions (login required)

View Item View Item