Pengaruh syukur nikmat terhadap keberlangsungan hidup: Studi kasus di Kp. Babakan Bogor Rt/Rw 32/04 Desa Purabaya Kecamatan Purabaya Kabupaten Sukabumi

Gunawan, Nenda (2021) Pengaruh syukur nikmat terhadap keberlangsungan hidup: Studi kasus di Kp. Babakan Bogor Rt/Rw 32/04 Desa Purabaya Kecamatan Purabaya Kabupaten Sukabumi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (395kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (627kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (887kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (35kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB) | Request a copy

Abstract

Seringkali orang-orang salah kaprah dalam memaknai sebuah rizki, yaitu hanya sebatas materi saja. Sehingga orang yang tidak bergelimang harta/materi beranggapan bahwa dirinya tidak mempunyai rizki yang akibatnya tidak pandai untuk bersyukur. Padahal secara hakikat yang namanya rizki merupakan segala hal yang dimilikinya, termasuk anggota tubuh dan kesehatan. Al-Qur’an menjelaskan bahwa ketika manusia bersyukur akan ditambah-tambah rizkinya oleh Allah. Dalam tulisan ini akan diteliti apakah ada pengaruh lain terhadap keberlangsungan hidup dari orang-orang yang senantiasa bersyukur secara konsisten, dan penelitian ini dilakukan terhadap masyarakat Kp. Babakan Bogor Rt/Rw 32/04 Desa Purabaya Kecamatan Purabaya Kabupaten Sukabumi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh syukur nikmat yang dilakukan secara konsisten terhadap keberlangsungan hidup manusia sehari-hari. Penelitian menggunakan beberapa teori atau tinjauan pustaka. Mulai dari keberlangsungan hidup, rizki dan syukur. Semua teori itu nantinya berkaitan dengan hasil penelitian dan pembahasan. Sedangkan hipotesisnya ditemukan bahwa meskipun tingkat ekonomi masyarakat Kp. Babakan Bogor menengah ke bawah, akan tetapi kehidupannya terlihat tentram, damai dan sejantera. Hal itu merupakan adanya pengaruh dari sikap syukur mereka yang dilakukukan secara konsisten. Penelitian ini menggunakan metode analisis lapangan dengan jenis penelitian kualitatif. Sumber data primer yang digunakan ialah hasil wawancara dengan beberapa warga Kp. Babakan Bogor Rt/Rw 32/04 Desa Purabaya Kecamatan Purabaya Kabupaten Sukabumi. Sedangkan sumber data sekundernya ialah data-data kepustakaan yang relevan. Dengan demikian, hasil wawancara dengan beberapa warga itu disusun untuk dibuat laporan penelitian tentang pengaruh syukur nikmat terhadap keberlangsungan hidup mereka. Setelah dilakukan penelitian, ditemukan bahwa ada dua pengaruh dari syukur nikmat terhadap kehidupan seseorang, yaitu keshalehan individual dan keshalehan sosial. Keshalehan individual dibuktikan dengan senantiasa bersyukur dengan ucapan, hati, dan perbuatannya. Sedangkan keshalehan sosial dibuktikan dengan senantiasa berbagi dan tolong menolong dengan sesama, serta menyayangi dan memperlakukan hewan dan lingkungan sebagaimaa mestinya (sama-sama makhluk ciptaan Allah). Dengan demikian, syukur nikmat yang dilakukan secara konsisten akan berpengaruh baik terhadap kehidupan diri sendiri, keluarga, dan juga kehidupan sosial bermasyarakat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Babakan Bogor; Keberlangsungan Hidup; Syukur
Subjects: Islam > Islamic Ethics, Practice
Islam Umum > Islam dan Bidang Lainnya
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Nenda Gunawan
Date Deposited: 04 Nov 2021 04:52
Last Modified: 04 Nov 2021 04:52
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/45984

Actions (login required)

View Item View Item