Politik hukum pelaksanaan Peraturan Daerah Kabupaten Pangandaran nomor 17 tahun 2015 tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup

Dzikron, Dziki Muhammad (2021) Politik hukum pelaksanaan Peraturan Daerah Kabupaten Pangandaran nomor 17 tahun 2015 tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (383kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (834kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (666kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (364kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (847kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (320kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (442kB) | Request a copy

Abstract

Pemda Kabupaten Pangandaran melalui suatu lembaga yang bergerak di bidang lingkungan hidup yaitu Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) melaksanakan Perda No. 17 tahun 2015 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup. Melalui Peraturan ini diharapkan dapat meminimalisir pencemaran lingkungan khususnya pencemaran air laut atau pantai. Sedangkan pada kenyataan yang terjadi di lapangan adalah terjadinya pencemaran air laut atau pantai akibat limbah domestik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Politik Hukum dalam pelaksanaan Perda Kab. Pangandaran No. 17 Tahun 2015 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup, Produk Hukum dan Pengimplementasiannya serta tinjauan Siyasah Dusturiyah terhadap Pelaksanaan Perda Kab. Pangandaran No. 17 Tahun 2015 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup. Kerangka Pemikiran pada penelitian ini ialah pelaksanaan politik hukum dan implementasi kebijakan sebagai salah satu upaya guna mengurangi pencemaran air akibat limbah domestik. Penelitian ini terdiri dari satu variabel yaitu implementasi peraturan daerah.Peneliti menggunakan teori Siyasah Dusturiyah dan implementasi kebijakan. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif analitis dengan pendekatan yuridis empiris, yaitu melakukan deskripsi terhadap hasil penelitian dengan data yang selengkap dan sedetail mungkin. Deskripsi dimaksudkan adalah terhadap data primer dan juga data sekunder. Selanjutnya dilakukan analisis terhadap hasil penelitian dengan tinjauan Siyasah Dusturiyah dan teori yang relevan. Hasil Penelitian ini adalah telah memaparkan bahwasanya : 1) Pemda Kab. Pangandaran melalui DKLH harus melakukan KLHS (Kajian Lingkungan Strategis) dan memberikan sanksi administratif kepada pihak yang melakukan pencemaran lingkungan, 2) Produk Hukum dan Implementasinya telah lengkap dan melaksanakan tugas sesuai aturan, melakukan pengecekan serta pengawasan pada lingkungan. Namun sumber daya yang ada di Kab. Pangandaran terkait implementasi Perda masih belum lengkap. Dokumen dan izin lingkungan tidak dimiliki pengelola hotel dan belum ada sarana guna pengelolaan limbah, maka terjadi pencemaran air khususnya pantai Pangandaran, 3) Tinjauan Siyasah Dusturiyah dalam Perda Kabupaten Pengandaran Nomor 17 Tahun 2015 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup telah sesuai dengan prinsip meugutamakan kelestarian alam memelihara kemaslahatan umat yaitu Hifdz din Hifdz aql, dan prinsip tauhidullah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Politik Hukum; Perlindungan Pengelolaan Lingkungan Hidup; Perda;
Subjects: Political dan Government Science > Theories of Origin
Political dan Government Science > Structure and Functions of Government
Political dan Government Science > Environmentalist Political Ideologies
Law > Legal Systems
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Hukum Ketatanegaraan dan Politik Islam (Siyasah)
Depositing User: Dziki Muhammad Dzikron
Date Deposited: 05 Nov 2021 03:03
Last Modified: 05 Nov 2021 03:03
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/45976

Actions (login required)

View Item View Item