Penerapan Model Pembelajaran TANDUR untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa pada Materi Tekanan.

Bangbang Suyudiana, Bangbang (2014) Penerapan Model Pembelajaran TANDUR untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa pada Materi Tekanan. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (653kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (606kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (113kB)

Abstract

Hasil observasi dan wawancara yang dilakukan di SMPN 1 Tanjungsiang Subang kelas VIII, menunjukkan bahwa pembelajaran didominasi ceramah, siswa kurang aktif untuk menemukan masalahnya sendiri karena pembelajaran yang berlangsung dalam kelas masih berpusat pada guru (teacher centre). Hal ini berimplikasi pada hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran IPA fisika di bawah nilai KKM. Oleh karena itu hasil belajar kognitif siswa perlu ditingkatkan. Untuk mengatasi hal tersebut diterapkan model pembelajaran TANDUR. Model pembelajaran TANDUR adalah salah satu tipe dari model pembelajaran quantum teaching. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: keterlaksanaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran TANDUR pada materi tekanan dan peningkatan hasil belajar kognitif siswa menggunakan model pembelajaran TANDUR pada materi tekanan. Metode penelitiannya adalah pre-experimental dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Penelitian dilaksanakan di kelas VIII SMPN 1 Tanjungsiang Subang. Populasi seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah sembilan kelas dengan teknik pengambilan sampel yaitu random sampling dimana sempel yang diambil adalah kelas VIII-B sebanyak 25 siswa. Data mengenai keterlaksanaan guru dan siswa diperoleh melalui lembar observasi, sedangkan data peningkatan hasil belajar kognitif siswa melalui tes soal pilihan ganda. Hasil penelitian selama tiga kali pertemuan menunjukan aktivitas guru dan siswa selama mengikuti pembelajaran fisika menggunakan model pembelajaran TANDUR mengalami peningkatan pada tiap pertemuannya dengan rata-rata aktivitas guru sebesar 85,33% dengan kategori baik dan aktivitas siswa sebesar 87,43% dengan kategori baik. Begitu juga terdapat peningkatan hasil belajar kognitif siswa setelah diterapkannya model pembelajaran TANDUR dengan peningkatan sebesar 0,69 yang termasuk kedalam kategori sedang. Dengan demikian model pembelajaran TANDUR dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: TANDUR, hasil belajar kognitif, tekanan
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 3781 not found.
Date Deposited: 26 Oct 2017 03:11
Last Modified: 26 Oct 2017 03:11
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/4597

Actions (login required)

View Item View Item