Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Menggunakan Media Komik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa pada Materi Tekanan (Penelitian Pra Eksperimen di Kelas VIII SMP Plus Bandung Timur Kabupaten Bandung).

Amar Amrullah, Amar (2015) Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Menggunakan Media Komik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa pada Materi Tekanan (Penelitian Pra Eksperimen di Kelas VIII SMP Plus Bandung Timur Kabupaten Bandung). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (578kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (420kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (134kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan proses pembelajaran dengan menerapkan model discovery learning menggunakan media komik, untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada materi tekanan, dan untuk mengetahui respon siswa terhadap model pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pra eksperimen. Penelitian dilakukan di SMP Plus Bandung Timur kelas VIII. Sampel dalam penelitian sebanyak 25 sampel yang ditentukan dengan menggunakan teknik nonprobability sampling. Data keterlaksanaan aktivitas guru dan siswa diperoleh melalui lembar observasi, adapun data hasil belajar kognitif siswa diperoleh dengan menggunakan tes tertulis berupa pretest dan posttest berbentuk uraian, dan data respon siswa diperoleh dengan menggunakan angket. Hasil penelitian menunjukkan, aktivitas guru dan siswa pada setiap pertemuan mengalami peningkatan, selain itu hasil belajar kognitif siswa pun mengalami peningkatan dengan nilai N-Gain rata-rata siswa adalah 0,7 yang termasuk ke dalam kategori tinggi. Dengan demikian terdapat peningkatan hasil belajar kognitif siswa pada materi tekanan setelah diterapkan model pembelajaran discovery learning dengan menggunakan media komik. Kemudian hasil angket menunjukan bahwa respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran discovery learning dengan menggunakan media komik mencapai rata-rata 82,8 % dimana termasuk ke dalam kategori sangat baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran discovery learning, media komik, hasil belajar kognitif siswa, tekanan.
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 3781 not found.
Date Deposited: 26 Oct 2017 03:09
Last Modified: 26 Oct 2017 03:09
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/4595

Actions (login required)

View Item View Item