Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Guided Inquiry (Inkuiri Terbimbing) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Sistem Indera.

Lathifatuzzahra Taufiq, Lathifatuzzahra (2014) Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Guided Inquiry (Inkuiri Terbimbing) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Sistem Indera. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (410kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (504kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (339kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (726kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (25kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (236kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari observasi pendahuluan di SMAN 27 Bandung yang memperoleh data bahwa mata pelajaran biologi khususnya materi sistem indera memiliki hasil belajar yang kurang optimal karena menggunakan pembelajaran bersifat teacher centre. Dan dipilihlah model pembelajaran Inkuiri Terbimbing karena berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Mariani Natalina di SMAN 5 Pekanbaru tahun ajaran 2011/2012 dapat terlihat antusias siswa untuk aktif pada saat berlangsungnya kegiatan belajar mengajar (KBM), hal ini disebabkan penggunaan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dapat meningkatkan sikap ilmiah dan hasil belajar siswa. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Guided Inquiry (Inkuiri Terbimbing) terhadap hasil belajar siswa pada konsep sistem indera di kelas XI IPA SMAN 27 Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Experiment. Desain penelitiannya adalah Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengambilan sampelnya adalah sampling purposive, dan dipilihlah kelas XI IPA 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 3 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan test pilihan ganda dan observasi. Data dianalisis melalui statistik parametris dengan menggunakan uji t. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa dengan penggunaan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing hasil rata-rata postest siswa sebesar 74,89 dan nilai gain sebesar 40,78. Nilai ini lebih besar dibandingkan dengan nilai rata-rata postest kelas kontrol yang sebesar 68,11 dan nilai gain sebesar 34,33. Dan setelah di uji t diperoleh Thitung postest = 3,028, Thitung gain = 4,43 sedangkan pada taraf signifikan 0,05 Ttabel= 1,99. Thitung postest maupun gain.  Ttabel maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan pembelajaran dengan penggunaan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing berpengaruh positif terhadap hasil belajar pada konsep sistem indera.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Depositing User: Users 3781 not found.
Date Deposited: 26 Oct 2017 03:07
Last Modified: 26 Oct 2017 03:07
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/4593

Actions (login required)

View Item View Item