Upaya guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di era pandemi covid-19 : Penelitian kualitatif di SMK Bakti Nusantara 666, Cileunyi, Bandung

Rukmana, Rizki (2021) Upaya guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di era pandemi covid-19 : Penelitian kualitatif di SMK Bakti Nusantara 666, Cileunyi, Bandung. Sarjana thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (334kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (242kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (551kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (97kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (146kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (49kB) | Request a copy

Abstract

Memasuki era pandemi covid-19 banyak fakta dan data yang menjelaskan adanya penurunan motivasi belajar siswa di era pandemi covid-19, hal tersebut juga dialami oleh siswa SMK Bakti Nusantara 666 berdasarkan fakta dan data baik dari guru, siswa maupun hasil observasi peneliti. Penurunan motivasi belajar siswa tidak terlepas dari banyaknya kendala dalam proses pembelajaran di era pandemi covid-19. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) Upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di era pandemi covid-19. (2) Program sekolah yang mendukung motivasi belajar siswa di SMK Bakti Nusantara 666 Cileunyi. (3) Faktor pendukung dan penghambat upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di era pandemi covid-19 di SMK Bakti Nusantara 666 Cileunyi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi langsung, dan studi dokumentasi. Adapun yang menjadi narasumber adalaha guru PAI SMK Bakti Nusantara 666 Cileunyi Bandung. Upaya yang dilakukan guru PAI SMK Bakti Nusantara 666 dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di era pandemi covid-19 dilakukan melalui cara sebagai berikut: (a) Memperkuat dan memperjelas tujuan pembelajaran, (b) Membangkitkan minat dan motivasi belajar siswa, (c) Menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, (d) Memberikan pujian dan hukuman dalam pembelajaran, (e) Memberikan penilaian dan komentar atas hasil pekerjaan siswa, (f) Menciptakan persaingan dan kerjasama antar siswa, (g) Mendorong rasa ingin tahu siswa, (h) Mendorong semangat dan kemandirian siswa, (i) Mendorong siswa untuk memiliki sikap sabar, syukur dan berdaya juang tinggi. Program sekolah yang mendukung motivasi belajar siswa di era pandemi covid-19 meliputi program berikut: (a) Mempersiapkan siswa sebelum pembelajaran, (b) Program shalat duha dan membaca al-qur’an, (c) Memuat materi dan absensi di LMS, (d) Program mengisi absensi, (e) Program penugasan berbasis media sosial, (f) program hapalan qur’an, (g) Program diskusi via grup WA, (h) Program pelayanan dan konsultasi, (i) penyampaian rencana pembelajaran untuk pertemuan yang akan datang, (j) Tugas tambahan bagi siswa yang nilainya di bawah KKM. Faktor pendukung dalam upaya guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di era pandemi adalah sebagai berikut: (a) Kompetensi guru, (b) Sarana dan prasarana yang mendukung, (c) Orangtua siswa, (d) Siswa yang memiliki motivasi internal yang baik. Faktor penghambat dalam upaya guru PAI meningkatkan motivasi belajar siswa di era pandemi covid-19, adalah sebagai berikut: (a) Rendahnya motivasi internal siswa, (b) Rendahnya kompetensi guru, (c) Orangtua yang sulit bekerjasama, (d) Lingkungan siswa baik lingkungan rumah maupun masyarakat, (e) Koneksi jaringan dan kuota.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Upaya guru PAI; Motivasi Belajar siswa; Era Pandemi Covid-19
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rizki Rukmana
Date Deposited: 04 Nov 2021 04:37
Last Modified: 04 Nov 2021 04:37
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/45928

Actions (login required)

View Item View Item