Tanggapan siswa terhadap pembelajaran daring menggunakan media Grup WhatsApp hubungannya dengan disiplin belajar mereka : Penelitian pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Cimalaka

Nurhalimah, Siti (2021) Tanggapan siswa terhadap pembelajaran daring menggunakan media Grup WhatsApp hubungannya dengan disiplin belajar mereka : Penelitian pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Cimalaka. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (414kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (306kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (315kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (449kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (126kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (29kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan, bahwa di SMP Negeri 3 Cimalaka dalam pembelajaran daring sebelum menggunakan grup WhatsApp sebagai media pembelajaran daring, terbilang cukup sedikit siswa yang mengikuti pembelajaran daring dan mengerjakan tugas khususnya pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti. Oleh karena itu, pihak sekolah mengambil keputusan untuk berpindah menggunakan grup WhatsApp sebagai media pembelajaran daring, yang mana grup WhatsApp ini dianggap pilihan yang tepat. Namun disamping meningkatnya jumlah siswa yang mengikuti pembelajaran daring, masih terdapat beberapa siswa yang tidak mengikuti pembelajaran daring sampai selesai serta mengerjakan tugas. Maka dari itu penulis tertarik untuk meneliti mengenai tanggapan siswa terhadap pembelajaran daring menggunakan media grup WhatsApp hubungannya dengan disiplin belajar mereka. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Realitas tanggapan siswa kelas VIII terhadap pembelajaran daring menggunakan media grup WhatsApp di SMP Negeri 3 Cimalaka; 2) Realitas disiplin belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Cimalaka; 3) Hubungan antara tanggapan siswa kelas VIII terhadap pembelajaran daring menggunakan media grup WhatsApp dengan disiplin belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Cimalaka. Penelitian ini berangkat dari pemikiran bahwa jika siswa mengikuti pembelajaran daring menggunakan media grup WhatsApp dengan positif maka disiplin belajar mereka baik, sebaliknya jika siswa mengikuti pembelajaran daring menggunakan media grup WhatsApp dengan negatif maka disiplin belajar mereka kurang baik. Maka dari itu hipotesis yang diajukan adalah semakin baik tanggapan siswa terhadap pembelajaran daring menggunakan media grup WhatsApp, maka semakin tinggi pula disiplin belajar mereka, begitupun sebaliknya. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Dimana metode ini digunakan untuk mengetahui adanya hubungan serta tingkatan hubungan dari dua variabel yang diteliti. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, angket dan studi dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh simpulan : (1) Realitas tanggapan siswa terhadap pembelajaran daring menggunakan media grup WhatsApp (variabel X), memperoleh nilai dengan rata-rata sebesar 3,70 yang termasuk ke dalam kategori tinggi. (2) Realitas disiplin belajar siswa (variabel Y), memperoleh nilai dengan rata-rata sebesar 3,75 yang termasuk ke dalam kategori tinggi. (3) Realitas Hubungan tanggapan siswa terhadap pembelajaran daring menggunakan media grup WhatsApp dengan disiplin belajar mereka, memperoleh angka koefisien 0,26 yang berada dalam rentang interval 0,20 – 0,39 yang berarti hubungan tersebut termasuk dalam kategori lemah atau rendah. Hasil pengujian hipotesis memperoleh t-hitung (1,40) < t-tabel (2,05) yang dapat diartikan bahwa Ho diterima dan Ha ditolak. Sedangkan hasil koefisien korelasi memperoleh kadar pengaruh yakni sebesar 6,76% yang artinya terdapat 93,24% faktor lain yang mempengaruhi disiplin belajar siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Tanggapan; Grup Whatsapp; Disiplin Belajar; Siswa; PAI Dan Budi Pekerti
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Nurhalimah
Date Deposited: 05 Nov 2021 02:21
Last Modified: 05 Nov 2021 02:21
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/45902

Actions (login required)

View Item View Item