Hubungan antara penerapan sistem informasi manajemen presensi online dengan disiplin kerja Pegawai Negeri Sipil pada masa pandemi Covid-19 : Penelitian pada Madrasah Aliyah Negeri di Kabupaten Karawang

Iqlima, Ayuningtias Fahmiatul (2021) Hubungan antara penerapan sistem informasi manajemen presensi online dengan disiplin kerja Pegawai Negeri Sipil pada masa pandemi Covid-19 : Penelitian pada Madrasah Aliyah Negeri di Kabupaten Karawang. Sarjana thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.

[img]
Preview
Text (cover)
1_cover.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text (abstrak)
2_abstrak.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar isi)
3_daftar isi.pdf

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1)
4_bab 1.pdf

Download (321kB) | Preview
[img] Text (bab 2)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (402kB) | Request a copy
[img] Text (bab 3)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (289kB) | Request a copy
[img] Text (bab 4)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (412kB) | Request a copy
[img] Text (bab 5)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (146kB) | Request a copy
[img] Text (daftar pustaka)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (151kB) | Request a copy

Abstract

Penerapan Sistem Informansi Manajemen presensi online merupakan bentuk implementasi dari kebijakan pemerintah, dimana teknologi saat ini sudah memasuki ranah pendidikan. Sehingga dengan adanya penerapan sistem presensi online akan meningkatkan disiplin kerja pegawai, terutama Pegawai Negeri Sipil (PNS). Sistem presensi online dipakai untuk mengawasi kegiatan Pegawai Negeri Sipil (PNS) dalam mendata kehadiran pegawai agar lebih efektif, efisien dan akurat, baik dengan jadwal Work From Home (WFH) maupun Work From Office (WFO) di masa Pandemi Covid-19. Tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) Untuk mengetahui penerapan Sistem Informasi Manajemen Presensi Online pada Masa Pandemi Covid-19 di Madrasah Aliyah Negeri Kabupaten Karawang, (2) Untuk menggambarkan disiplin kerja Pegawai Negeri Sipil pada masa pandemi Covid-19 di Madrasah Aliyah Negeri Kabupaten Karawang. (3) Untuk menganalisis hubungan penerapan Sistem Informasi Manajemen Presensi Online dengan disiplin kerja Pegawai Negeri Sipil (PNS) pada masa pandemi Covid-19 di Madrasah Aliyah Negeri Kabupaten Karawang. Jenis penelitian ini termasuk ke dalam penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif korelasional. teknik pengambilan sampel penelitian menggunakan sampel total dengan melibatkan 81 orang Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Madrasah Aliyah Negeri Kabupaten Karawang. Adapun instrumen penelitian yang digunakan sebagai data primer adalah instrumen angket via google form dengan skala likert, penyebarannya melalui media WhatsApp. Hasil penelitian menunjukan hubungan antara penerapan Sistem Informasi Manajemen presensi online dengan disiplin kerja Pegawai Negeri Sipil (PNS) pada masa pandemi Covid-19 di Madrasah Aliyah Negeri Kabupaten Karawang mempunyai hubungan yang signifikan, dengan nilai signifikansi 0,000. Hasil uji koefisien korelasi yang diperoleh adalah 0,678 berada pada interval korelasi 06,00 - 0,799 menunjukkan bahwa ada hubungan yang “kuat” dan memiliki arah hubungan positif. Artinya, semakin baik penerapan Sistem Informasi Manajemen presensi online, maka semakin meningkat juga disiplin kerja Pegawai Negeri Sipil (PNS). Adapun hasil uji koefisien determinasi yang didapat sebesar 0,452, artinya kontribusi variabel X terhadap variabel Y sebesar 45,2% berada pada kategori “sedang” yang menunjukkan bahwa adanya faktor lain yang mempengaruhi disiplin kerja pegawai diluar penelitian ini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Sistem Informasi Manajemen; Presensi Online; Disiplin Kerja; Pegawai Negeri Sipil; Covid-19
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ayuningtias Fahmiatul Iqlima
Date Deposited: 20 Apr 2022 01:35
Last Modified: 20 Apr 2022 01:35
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/45874

Actions (login required)

View Item View Item