Pengaruh pembiayaan murabahah terhadap pendapatan margin murabahah pada PT.Bank Panin Dubai Syariah Tbk periode 2015-2020

Pajriani, Shinta (2021) Pengaruh pembiayaan murabahah terhadap pendapatan margin murabahah pada PT.Bank Panin Dubai Syariah Tbk periode 2015-2020. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (571kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (708kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (248kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (381kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembiayaan murabahah yang mendominasi portofolio perbankan syariah hingga saat ini. Pembiayaan murabahah merupakan akad jual beli barang dengan menyatakan harga perolehan dan keuntungan (margin) yang disepakati oleh penjual dan pembeli. Sehingga apabila semakin tinggi pembiayaan murabahah maka semakin tinggi pendapatan margin murabahah, begitu juga sebaliknya. Beberapa teori digunakan untuk memperkuat penelitian yang menyatakan mengenai pembiayaan murabahah searah dengan pendapatan margin murabahah, namun jika dilihat berdasarkan data laporan keuangan bank dan beberapa hasil penelitian terdahulu, adanya ketidaksesuaian antara teori dengan perolehan data dan hasil penelitian terdahulu. Tujuan pada penelitian ini untuk (1) Mengetahui dan menganalisis perkembangan pembiayaan murabahah pada PT. Bank Panin Dubai Syariah Tbk periode 2015-2020; (2) Mengetahui dan menganalisis perkembangan pendapatan margin murabahah pada PT. Bank Panin Dubai Syariah Tbk periode 2015-2020; (3) Mengetahui dan menganalisis besarnya pengaruh pembiayaan murabahah terhadap pendapatan margin murabahah pada pada PT. Bank Panin Dubai Syariah Tbk periode 2015-2020. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sumber data yang digunakan adalah data sekunder diambiI dari Iaporan keuangan triwuIan yang meliputi pembiayaan murabahah dan pendapatan margin murabahah di PT. Bank Panin Dubai Syariah Tbk Periode 2015-2020 yang teIah dipubIikasikan. Jenis alat uji statistik yang digunakan adalah uji asumsi klasik, regresi linear sederhana, analisis korelasi pearson product moment, analisis koefisien determinasi dan pengujian hipotesis menggunakan analisis uji t parsial. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pembiayaan murabahah dan pendapatan margin murabahah selama tahun 2015 sampai tahun 2020 mengalami kenaikan dan penurunan yang berubah-ubah atau fluktuatif, akan tetapi cenderung mengalami penurunan yang tajam. Kemudian berdasarkan hasil uji statistik koefisien determinasi memperoleh R-square sebesar 0,965 atau 96,5%, yang menginterprestasikan bahwa besarnya pengaruh pembiayaan murabahah terhadap pendapatan margin murabahah sebesar adalah 96,5% dan sisanya sebesar 3,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Hasil pengujian hipotesis, diperoleh nilai signifikansi pendapatan bagi hasil tabungan mudharabah sebesar (0,000 < 0,05) dengan perolehan nilai thitung > ttabel (2,642 > 2,038) maka, Ho ditolak dan Ha diterima artinya pembiayaan murabahah berpengaruh signifikan secara parsial terhadap pendapatan margin murabahah. Hal ini membuktikan bahwa ketika pembiayaan murabahah mengalami kenaikkan maka akan menaikkan pendapatan margin murabahah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pembiayaan murabahah;Pendapatan margin murabahah
Subjects: Accounting > Data Processing and Analysis of Accounting
Accounting > Financial Reporting
Accounting > Analitycal Accounting, Financial Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Akuntansi Syariah
Depositing User: Shinta Pajriani
Date Deposited: 03 Nov 2021 02:17
Last Modified: 03 Nov 2021 02:17
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/45860

Actions (login required)

View Item View Item