Meditasi dan kecerdasan emosional pemeluk agama : Studi kasus komunitas meditasi Lanterha di Bandung

Suryahim, Iim (2021) Meditasi dan kecerdasan emosional pemeluk agama : Studi kasus komunitas meditasi Lanterha di Bandung. Doktoral thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (425kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (639kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (636kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (178kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (423kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana meditasi berfungsi untuk mengembangkan kecerdasan emosional diri manusia. Fokus penelitian ini di fakuskan pada Komunitas Meditasi Lanterha yang berada di Bandung. Komunitas Meditasi Meditasi Lanterha memiliki anggota dan simpatisan yang terdiri dari beragam latar belakang orientasi spiritual dan agama. Komunitas Meditasi Lanterha memfokuskan penghayatan keagamaan dalam komunitasnya, sehingga mampu mengungkap nilai-nilai spiritual dalam melalui meditasi Lanterha, penelitian ini diharapkan dapat dijadikan rujukan dalam mengatasi krisis spiritual yang terjadi pada kehidupan manusia modern. Ciri Khas Meditasi ini merupakan meditasi yang mengolah nilai emosi positif yang ada dalam komunitas meditasi Lanterha yaitu: Netral, netral mengandung pengertian tanpa penilaian untung rugi. Nilai kedua yaitu Kesucian, kesucian menyangkut fikiran, perasaan dan perbuatan. Berdasarkan pada masalah tersebut, maka penelitian ini dapat dirumuskan ke dalam beberapa fokus penelitian, yaitu: (1) Bagaimana praktek meditasi Lanthera. (2) Bagaimana nilai-nilai kecerdasan emosional meditasi Lanterha (3) Bagaimana implementasi meditasi dalam mengembangkan kecerdasan emosional komunitas meditasi Lanterha. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus dengan pendekatan fenomenologis, karena memandang peserta meditasi Lanterha sebagai kesatuan kelompok, yang mana anggota yang terlibat sebagai subjek penelitian mewakili dan mencerminkan dirinya sendiri sebagai informan. Jenis studi kasus yang digunakan bersifat interpretatif dan kritis. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta Meditasi Lanterha yang dilaksanakan di Bandung sedangkan yang menjadi objek penelitiannya adalah praktik Meditasi dalam mengolah kecerdasan emosional. Teknik pengumpulan data menggunakan nontes melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan instrumen berupa pedoman observasi, pedoman wawancara, dan dokumen pendukung terkait lainnya. Keabsahan data menggunakan uji kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas. Data dianalisis menggunakan model Miles & Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa praktek meditasi lanterha merupakan sebuah fenomena penemuan pengetahuan tentang tekhnik mengolah emosional menjadi nilai-nilai kecerdasan emosional yang positif. Energi positif itulah yang kemudian akan membawa pada keterhubungan dengan Tuhan. Sehingga dengan demikian akan mampu mengaktifkan nilai-nilai universal spritualitas agama yang sangat dibutuhkan ditengah-tengah kegersangan hiruk-pikuk kehidupan modern. Maka dengan demikian dapat disimpulkan bahwa komunitas meditasi lanterha ditinjau secara praktiknya mendapatkan pengetahuannya melalui jalur irfani. Melalui kegiatan meditasi lanterha maka agama akan terasa menjadi sangat fungsional.

Item Type: Thesis (Doktoral)
Uncontrolled Keywords: Meditasi; Kecerdasan Emosional; Agama
Subjects: Aqaid (Aqidah, Akidah) dan Ilmu Kalam > Islam tentang Agama dan Aliran Lain, Hubungan Islam dengan Agama dan Aliran Lain
Divisions: Pascasarjana Program Doktor > Program Studi, Studi Agama Agama
Depositing User: Haris Maiza Putra
Date Deposited: 03 Nov 2021 01:19
Last Modified: 03 Nov 2021 01:19
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/45858

Actions (login required)

View Item View Item