Pengembangan modul fisika terintegrasi ayat Al-Qur'an dan QR code untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik

Susilawati, Wawat (2021) Pengembangan modul fisika terintegrasi ayat Al-Qur'an dan QR code untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (322kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (490kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (798kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (271kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (316kB) | Request a copy

Abstract

Proses pendidikan dihadapkan persoalan dikotomi ilmu pengetahuan dan ilmu agama. Permasalahan ini berimplikasi pada hasil proses pendidikan yang jauh dari cita-cita pendidikan. Peserta didik mendapatkan pengalaman belajar yang kurang bermakna. Pembelajaran fisika dikatakan sulit karena kurang dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan, keterlaksanaan, dan pengaruh penggunaan modul fisika terintegrasi ayat Al-Qur’an dan QR code terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik. Penelitian menggunakan model ADDIE meliputi tahap analisis, perancangan, pengembangan, penerapan, dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukan modul layak digunakan. Analisis validasi media memperoleh persentase kelayakan sebesar 86,47% denga kategori sangat valid. Respon peserta didik sangat baik dengan persentase kelayakan 87,95%. Analisis keterlaksanaan pembelajaran menggunakan lembar observasi menunjukan produk dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Pertemuan pertama memperoleh persentase 80%, pertemuan kedua dan ketiga 86,7%. Peningkatan hasil belajar berdasarkan nilai N-Gain sebesar 0,58 termasuk pada kriteria sedang. Berdasarkan uji t-test nilai pretest-posttest, menunjukan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik setelah menggunakan produk yang dikembangkan dengan nilai thitung 13,0934 lebih besar dari ttabel 2,045 (thitung > ttabel).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Modul Fisika;Ayat Al-Qur'an; QR Code; Hasil Belajar
Subjects: Education > Research and Statistical Methods
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching
Education, Research
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Wawat Susilawati
Date Deposited: 03 Nov 2021 10:54
Last Modified: 03 Nov 2021 10:54
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/45852

Actions (login required)

View Item View Item