Pemberdayaan kader Posyandu Mawar III dalam meningkatkat kesehatan masyarakat : Studi deskriptif di posyandu Mawar III Kampung Cicadas Girang Kelurahan Jaya Mekar Kota Sukabumi.

Almuharrom, Virda Aulia (2021) Pemberdayaan kader Posyandu Mawar III dalam meningkatkat kesehatan masyarakat : Studi deskriptif di posyandu Mawar III Kampung Cicadas Girang Kelurahan Jaya Mekar Kota Sukabumi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (275kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (165kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (269kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (36kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (37kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi permasalah minimnya tingkat pemberdayaan yang dilaksanakan pada bidang kesehatan. Penelitian ini bertujuan membahas masalah yang berkaitan dengan pemberdayaan kader melalui kesehatan masyarakat. Secara khusus pembahasannya difokuskan untuk menganalisismasalah yang berhubungan dengan proses Posyandu dan juga hasil dari adanya pemberdayaan Kader Posyandu dalam meningkatkan kesehatan masyarakat. Penelitian ini menggunakan teori pemberdayaan Agus Ahmad Safe’i. yaitu Pemberdayaan adalah upaya memperluas horison pilihan bagi masyarakat. Ini berarti masyarakat diberdayakan untuk melihat dan memilih sesuatu yangbermanfaat bagi dirinya dengan memakai logika ini, dapat dikatakan bahwa masyarakat yang berdaya adalah yang dapat memilih dan mempunyai kesempatan untuk mengadakan pilihan-pilihan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan penafsiran logika yang dihubungkan dengan konteks pengembangan masyarakat. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pemberdayaan kader posyandu dalam meningkatkan kesehatan masyarakat berperan melalui kader Posyandu, pelatihan-pelatihan kesehatan yang dilakukan kader, monitoring dan evaluasi. Proses yang dilakukan pada Posyandu untuk melakukan pemberdayaan pada pihak masyarakat guna meningkatkan kesehatan ibu dan anak dan mencapai kesejahteranmasyarakat. Program- program yang dilakukan oleh Posyandu menjadikan Posyandu lebih efektif dan bisa meningkatkan kesehatan masrakat dan dapat pula meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap Posyandu. Berdasarkan penelitian bahwa pemberdayaan kader Posyandu Mawar III dalam meningkatkan kesehatan masyarakat sudah berhasil mencetak kader-kader dan masyarakat yang sadar akan pentingnya kesehatan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kader Posyandu; Pemberdayaan: Kesehatan.
Subjects: General Management > Research and Development Management (R and D)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Virda Aulia Almuharrom
Date Deposited: 02 Nov 2021 07:56
Last Modified: 02 Nov 2021 07:56
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/45848

Actions (login required)

View Item View Item