Sistem informasi manajemen Aplikasi Rapor Digital (ARD) dan hubungannya dengan efektivitas kinerja guru : Penelitian di MTs se-Kecamatan Cikarang Utara

Putri, Jenni Laresa (2021) Sistem informasi manajemen Aplikasi Rapor Digital (ARD) dan hubungannya dengan efektivitas kinerja guru : Penelitian di MTs se-Kecamatan Cikarang Utara. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (222kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (845kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (427kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (404kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (243kB) | Request a copy

Abstract

Pada saat ini teknologi informasi sudah sangat berkembang pesat hingga memasuki ranah pendidikan, salah satunya adalah Aplikasi Rapor Digital (ARD) merupakan bentuk implementasi dari kebijakan pemerintah yang bertujuan agar madrasah menjadi lebih sadar akan dunia digital. Aplikasi Rapor Digital (ARD) adalah aplikasi pengolah nilai hasil belajar siswa, sehingga dengan adanya aplikasi rapor digital diharapkan dapat meningkatkan produktivitas dan efektivitas kinerja, terutama guru. Selain itu juga guru juga dituntut untuk bisa menyesuaikan dengan perkembangan teknologi saat ini. Namun, terdapat beberapa permasalahan internal yang dihadapi guru, sehingga banyak faktor naik-turunnya kinerja guru saat ini salah satunya dengan penggunaan aplikasi rapor digital. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) SIM Aplikasi Rapor Digital di MTs se-Kecamatan Cikarang Utara (2) Efektivitas kinerja guru di MTs se-Kecamatan Cikarang Utara dan (3) hubungan antara SIM Aplikasi Rapor Digital dengan efektivitas kinerja guru MTs se-Kecamatan Cikarang Utara. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner/angket sebanyak 70 responden guru dengan menggunakan model skala likert disebar melalui online dengan menggunakan Goggle Form. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji korelasi yaitu alat uji statistik untuk mencari hubungan antara variabel x dengan variabel y sehingga dapat diambil kesimpulan apakah terdapat korelasi yang signifikan atau tidak. Berdasarkan analisis data dan hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) SIM Aplikasi Rapor Digital di MTs se-Kecamatan Cikarang Utara termasuk kualifikasi tinggi dari hasil penelitian kepada 70 orang responden yang berada pada rentang interval 3,40 – 4,19 (2) efektivitas kinerja guru di MTs se-Kecamatan Cikarang Utara termasuk kualifikasi tinggi dari hasil penelitian kepada 70 orang responden yang berada pada rentang interval 3,40 – 4,19 dan (3) terdapat hubungan signifikan yang lemah/rendah antara SIM Aplikasi Rapor Digital dengan efektivitas kinerja guru MTs se-Kecamatan Cikarang Utara dengan diperoleh nilai koefisien korelasi sebesar 0,331. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa Ha diterima, hal ini menunjukkan bahwa adanya hubungan yang positif dan searah antara SIM aplikasi raport digital dengan efektivitas kinerja guru di MTs se-Kecamatan Cikarang Utara. Dengan demikian direkomendasikan agar guru meningkatkan penggunaan Sistem Informasi Manajemen aplikasi rapor digital guna meningkatkan efektivitas kinerja guru.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: SIM; Aplikasi Rapor Digital; Efektivitas Kinerja Guru
Subjects: Education
General Management > Information Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Jenni Laresa Putri
Date Deposited: 03 Nov 2021 01:55
Last Modified: 03 Nov 2021 01:55
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/45843

Actions (login required)

View Item View Item