Pengembangan media pembelajaran Fotonovela berbasis Flipbook untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa dalam materi getaran harmonis

Anggraini, Rina (2021) Pengembangan media pembelajaran Fotonovela berbasis Flipbook untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa dalam materi getaran harmonis. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (181kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (692kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (77kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (159kB) | Request a copy

Abstract

Media Pembelajaran fotonovela berbasis flipbook merupakan salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk meningkatkan pemahaman konsep peserta didik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran fotonovela berbasis flipbook, keterlaksanaan kegiatan pembelajaran dan peningkatan pemahaman konsep peserta didik pada materi getaran harmonis. Metode penelitian yang digunakan yaitu Design and Development (D&D) dengan model 4D yaitu define, design, development dan dissemination. Analisis data dilakukan dengan menghitung persentase lembar validasi kelayakan media, lembar keterlaksanaan kegiatan pembelajaran, N-gain, dan uji paired sample t-test. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIPA 1 MAN 1 Kuningan yang berjumlah 30 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran fotonovela berbasis flipbook sangat layak digunakan dengan persentase 0,91%, keterlaksanaan kegiatan pembelajaran masuk kategori sangat baik dengan rata-rata sebesar 88% serta peningkatan pemahaman konsep peserta didik masuk pada kategori sedang dengan nilai N-gain sebesar 0,62. Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji paired sample t-test dengan taraf signifikan 0,05 memperoleh nilai t_hitung sebesar 13,817 dan t_tabel sebesar 2,048 ( t_hitung>t_tabel) sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan pemahaman konsep peserta didik setelah belajar dengan media fotonovela berbasis flipbook pada materi getaran harmonis.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: fotonovela berbasis flipbook; getaran harmonis; pemahaman konsep
Subjects: Education, Research
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching
Physics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Rina Anggraini
Date Deposited: 03 Nov 2021 02:06
Last Modified: 03 Nov 2021 02:06
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/45840

Actions (login required)

View Item View Item