Praktik sewa menyewa pohon mangga di Desa Gumulung Lebak Kecamatan Greged Kabupaten Cirebon Perspektif Hukum Ekonomi Syari'ah

Toha, Muhamad (2021) Praktik sewa menyewa pohon mangga di Desa Gumulung Lebak Kecamatan Greged Kabupaten Cirebon Perspektif Hukum Ekonomi Syari'ah. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (355kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (457kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (940kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (146kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (189kB) | Request a copy

Abstract

Praktik sewa menyewa pohon mangga di Desa Gumulung Lebak Kecamatan Greged Kabupaten Cirebon. Praktik ini sudah berjalan cukup lama sekitar 9 tahun, praktik sewa menyewa tersebut dilakukan saat pohon mangga belum berbunga dengan kata lain ada jarak waktu antara transaksi sewa menyewa dan musim pohon mangga berbuah. Sewa menyewa pohon mangga tersebut dilakukan untuk diambil manfaatnya yaitu buahnya. Selama sewa menyewa tersebut terjadi pihak penyewa melakukan perawatan terhadap pohon tersebut berupa pemupukan dan penyemprotan. Pemupukan berpengaruh terhadap banyaknya buah mangga atau tidak. Permasalahan dalam skripsi ini adalah bagaimana pelaksanaan (praktik) sewa-menyewa pohon mangga, dimana objek sewa-menyewa dalam penelitian ini rentan tidak terpenuhi karena tidak dapat dipastikan baik kualitas maupun kuantitasnya sehingga dapat merugikan salah satu pihak, serta bagaimana pandangan hukum ekonomi syariah tentang praktik sewa-menyewa di daerah tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui praktik sewa menyewa pohon mangga yang sudah terjadi di Desa Gumulung Lebak Kecamatan Greged Kabupaten Cirebon dan untuk mengetahui tentang tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap praktik sewa menyewa pohon mangga di Desa Gumulung Lebak Kecamatan Greged Kabupaten Cirebon. Kerangka pemikiran dalam penelitian ini di dasarkan pada praktik sewa menyewa pohon mangga yang terjdi di Desa Gumulung Lebak Kecamatan Greged Kabupaten Cirebon apakah sudah sesuai dengan ketentuan syara’, yaitu dengan terpenuhinya syarat dan rukun serta asas-asas dan prinsip-prinsip hukum ekonomi syariah, bahwasanya dalam praktik sewa menyewa terhindar dari gharar dan maysir. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif, yaitu menjelaskan atau menggambarkan suatu keadaan yang terjadi pada saat sekarang sesuai dengan fakta yang ada. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan studi lapangan yaitu melakukan wawancara kepada pihak yang terkait dan melakukan observasi, serta studi kepustakaan dengan mencari sumber buku-buku, dan dokumen-dokumen yang relevan. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa praktik sewa menyewa pohon mangga di Desa Gumulung Lebak Kecamatan Greged Kabupaten Cirebon termasuk dalam akad bathil dikarenakan terdapat satu rukun yang tidak terpenuhi atau dilarang oleh syara’ yakni penggunaan pohon mangga sebagai objek sewa. Terkait dengan resiko, dalam praktik ini seluruh resiko menjadi tanggung jawab pihak penyewa. Hal ini tidak sesuai dengan ketentuan dalam Fatwa Dewan Syariah Nasional-Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI) No: 112/DSN- MUYIX/2017 Tentang Akad Ijirah. Sedangkan hukumnya adalah dihukumi ma’fu, dikarenakan ketidak pahaman masyarakat tersebut atas hukum dari praktik yang mereka lakukan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Sewa Menyewa; Pohon Mangga; Hukum Ekonomi Syariah
Subjects: Economic of Land and Energy
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: Muhamad Toha
Date Deposited: 02 Nov 2021 07:37
Last Modified: 03 Nov 2021 01:12
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/45835

Actions (login required)

View Item View Item