Pembangunan stasiun kereta api cepat dalam meningkatkan kondisi sosial ekonomi masyarakat : Studi deskriptif Desa Rancaekek Kecamatan Rancaekek Kabupaten Bandung

Wiriadikrama, Ananda Ibaadina Haasya (2021) Pembangunan stasiun kereta api cepat dalam meningkatkan kondisi sosial ekonomi masyarakat : Studi deskriptif Desa Rancaekek Kecamatan Rancaekek Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1. Cover.pdf

Download (378kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. Abstrak.pdf

Download (499kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
7. Daftar Isi.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
8. Bab I.pdf

Download (600kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
9. Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (693kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
10. Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (563kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
11. Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (331kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
12. Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (547kB) | Request a copy

Abstract

Proses perubahan yang terjadi dalam pembangunan ekonomi akan berdampak pada kondisi sosial ekonomi pemberdayaan masyarakat. Pemberdayaan masyarakat dalam pembangunan ekonomi yakni peningkatan kualitas dari sumber daya ekonomi di daerah rancaekek dengan pemanfaatan lahan sebagai pembangunan stasiun kereta api cepat. Pembangunan stasiun kereta api cepat di desa Rancaekek akan meningkatkan beberapa aspek kehidupan di masyarakat. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu bagaimana proses pembangunan stasiun kereta api cepat, bagaimana kondisi sosial masyarakat ketika adanya pembangunan stasiun kereta api cepat, dan bagaimana kondisi ekonomi masyarakat ketika adanya pembangunan stasiun kereta api cepat.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembangunan stasiun kereta api cepat, memahami kondisi sosial dan ekonomi masyarakat ketika adanya pembangunan stasiun kereta api cepat.Landasan teori yang digunakan adalah teori pembangunan bisa diartikan suatu kegiatan yang berdimensi pada proses secara menyeluruh dengan adanya pembangunan, mengurangi ketidakmerataan, dan untuk memberantas kemiskinan yang absolut dimasyarakat. Pembangunan bisa disebut sebagai proses perubahan sosial secara berencana berkaitan dengan teori perubahan sosial. Penelitian yang dilakukan menggunakan penelitian kualitatif dengan studi deskriptif. Proses pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, teknik penentuan keabsahan data, dan teknik analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, tafsiran untuk menafsirkan data dari hasil wawancara, dan kesimpulan serta verifikasi data. Berdasarkan hasil penelitian proses pembangunan stasiun kereta api cepat mempercepat kemajuan ekonomi masyarakat. Kondisi sosial masyarakat ketika adanya pembangunan dapat dilihat dari pekerjaan yang bervariasi, tingkat pendidikan yang berbeda, dan kondisi sumber daya ekonomi yang berbeda. Kondisi ekonomi masyarakat dilihat dari bentuk rumah,kondisi,ukuran, dan tata kebun, wilayah tempat tinggal, dan pekerjaan. Dapat disimpulkan secara umum bahwa pembangunan stasiun kereta api cepat dapat meningkatkan kondisi sosial dan ekonomi masyarakat menjadi lebih mandiri.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pembangunan Ekonomi; Kondisi Sosial; Kondisi Ekonomi;
Subjects: Relationship of Libraries > Relationship with the Community
Social Process
Production, Industrial Economics > Economic Development and Growth
General Management > Research and Development Management (R and D)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Ananda Ibaadina Haasya
Date Deposited: 02 Nov 2021 07:28
Last Modified: 02 Nov 2021 07:28
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/45824

Actions (login required)

View Item View Item