Efektivitas strategi Fundraising wakaf berbasis wakaf online di Sinergi Foundation Kota Bandung

Lubis, Muhammad Khaidir Sufi (2021) Efektivitas strategi Fundraising wakaf berbasis wakaf online di Sinergi Foundation Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (448kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (794kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (531kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (649kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (272kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (479kB) | Request a copy

Abstract

Pada era digital yang sangat pesat perkembangannya ini segala sesuatu menjadi mudah dan praktis. Segala sektor pada saat ini memanfaatkan media online dalam menjalankan pekerjaan di sektor masing-masing. Salah satu perkebangan yang sangat signifikan adalah dengan adanya Financial Tecnologi yang mengalami perkembangan yang sangat pesat pada sektornya. Adanya perkembangan Fintech dimanfaatkan dengan cukup baik oleh lembaga pengelola dana wakaf bernama Sinergi Foundation yang sukses menggalang dana wakaf dengan pemanfaatan media digital. Tujuan dari dilakukannya penelitian ini untuk mengetahui bagaimana strategi fundraising wakaf di Sinergi Foundation Kota Bandung dan untuk mengetahui bagaimana efektivitas strategi fundraising wakaf berbasis wakaf online melalui website di Sinergi Foundation Kota Bandung Penelitan ini menggunakan metode penelitian Kualitatif Deskriptif dan teknik pengumpulan data yang di gunakan yaitu data primer dan sekunder melalui observasi, wawancara dan dokumentasi dan mencari data melalui website resmi Sinergi Foundation. Analisis yang di lakukan terdiri dari 5 faktor yaitu 1) Presentase antara jumlah perolehan yang dicapai dengan target. 2) Progresivitas. 3) Analisis before-after. 4) Kepuasan Wakif. 5 ) Citra baik lebaga. Dari hasil penelitian dapat dilihat presentase rasio efektifitas dalam penghimpunan dana wakaf pada tahun 2016 84,05%, 2017 41,94%, 2018 61,43%, 2019 160,74%, 2020 65,91%. Dari data berikut dapat disimpulkan bahwasanya strategi yang di gunakan tidak (kurang) efektif. Ketidak efektifan ini disebabkan oleh tingginya target yang di patok oleh pihak lembaga setiap tahunnhya. Akan tetapi pada analisis before-after strategi yang di terapkan oleh lembaga dapat dikatakan efektif. Dimana sebelum dan setelah penggunaan media online pendapatan dari Sinergi Foundation memiliki presentase selisih yang signifikan yaitu 28,93% atau sekitar 29%. Selain dari segi presentase dan analisis before after, progresifitas yang di dapat oleh sinergi foundation juga dapat diakatakan efektiv dilihat dari 60% kenaikan pendapatannya dari tahun-ketahun terus meningkat. Salah satu alasan penurunan pendapatan pada tahun 2020 dikarenakan adanya program masterpiece yang selesai dan pandemi Covid-19 yang menyerang segala sektor di seluruh dunia. Dengan adanya wakaf online membuat segala transaksinya menjadi mudah, efisien dan cepat sehingga memberikan kepuasan tersendiri kepada wakif. Dengan adanya media sosial dan website lembaga akan menambah trust para wakif dan calon wakif terhadap Sinergi Foundation.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas; Efektivitas Strategi; Fundraising; Wakaf online; Sinergi Foundation
Subjects: Econmics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Ekonomi Syariah
Depositing User: Muhammad Khaidir Sufi Lubis
Date Deposited: 02 Nov 2021 03:44
Last Modified: 02 Nov 2021 03:44
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/45813

Actions (login required)

View Item View Item